Korelasi antara keaktifan melaksanakan salat Dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2007/2008

Mas'udi, Mas'udi (2008) Korelasi antara keaktifan melaksanakan salat Dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103086_masudi]
Preview
Text (skripsi_3103086_masudi)
3103086_MASUDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mas'udi (NIM. 3103086). Korelasi antara Keaktifan Melaksanakan Salat Dhuha dan Motivasi Mengikuti Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP N 18 Semarang. Skripsi. Semarang. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.
Permasalahan dalam penelitian ini antara lain; (1) Bagaimana keaktifan siswa dalam melaksanakan salat dhuha kelas VIII di SMP N 18 Semarang?, (2) Bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang?, (3) Adakah hubungan antara keaktifan melaksanakan salat dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keaktifan melaksanakan salat dhuha siswa kelas VIII di SMP N 18 Semarang; (2) Motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang; (3) Ada atau tidaknya hubungan antara keaktifan melaksanakan salat dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang.
Metode dalam pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan Y. dan juga metode observasi, Subyek penelitian sebanyak 45 responden yang diambil dari sampel kelas VIII yang berjumlah 299 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan langkah; pertama, analisis pendahuluan, yaitu untuk metabulasikan data yang diperoleh dari angket dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan memaparkan penilaian tentang keaktifan melaksanakan salat dhuha yang diambil dari angket/kuesioner yang telah diberi skor. Kedua, analisis uji hipotesis, yaitu menguji hipotesis lebih lanjut melalui distribusi data dari analisis pendahuluan yang kemudian distribusi data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan menghitung tabel kerja korelasi antara keaktifan melaksanakan salat dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan didahului mencari nilai r dan skor deviasi . Ketiga, analisis lanjut, yaitu analisis pengolahan lebih lanjut dari hasil analisis uji hipotesis.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) keaktifan melaksanakan salat dhuha kelas VIII di SMP N 18 Semarang adalah cukup aktif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata salat dhuha, yaitu 51,40. hal ini dicocokkan dengan tabel interval keaktifan melaksanakan salat dhuha yang berada pada interval 51-53. (2) Motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII SMP N 18 Semarang adalah cukup, hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata motivasi siswa yaitu 55,53. yang mana setelah dikonsultasikan pada tabel maka hasil tersebut berada pada interval 56-58, sehingga dengan katagori cukup. (3). Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan melaksanakan salat dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP N 18 Semarang. dengan ditunjukkan r0 (0,408) taraf signifikansi 5% (0,288) dan taraf 1% (0,327). Hasil print out uji statistik korelasi produk moment menggunakan software SPSS menunjukkan bahwa “Ada hubungan yang positif antara keaktifan melaksanakan salat dhuha dan motivasi mengikuti pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Semarang” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Pendidikan Agama ISlam (PAI); Salat Dhuha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:57
Last Modified: 10 Jul 2020 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11516

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics