Problematika pembelajaran membaca Al-qur’an dengan metode yanbu’a dan solusinya (studi di TPQ Al-hasyimy Wilalung Gajah Demak)

Najib, Ahmad Machrus (2008) Problematika pembelajaran membaca Al-qur’an dengan metode yanbu’a dan solusinya (studi di TPQ Al-hasyimy Wilalung Gajah Demak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104135_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104135_Skripsi_Lengkap)
3104135_Skripsi_lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Implementasi pembelajaran membaca al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di TPQ al-Hasyimy. (2) Problematika yang muncul dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ al-Hasyimy. (3) Usaha / upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang muncul dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ al-Hasyimy.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di TPQ al-Hasyimy Wilalung. Oleh karena itu, teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling, dengan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi dan masalah secara mendalam dan dapat dipercaya sebagai sumber data yang mantap. Sedangkan sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran membaca al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di TPQ al-Hasyimy, problem / masalah yang dihadapi meliputi: (a) Problematika yang berhubungan dengan tingkat perkembangan dan pengetahuan santri. (b) Problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi. (c) Problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar. (d) Problematika yang berhubungan dengan evaluasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya / usaha yang bisa dilakukan untuk mengatasi problematika di atas (2) (a) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan tingkat perkembangan dan pengetahuan anak didik adalah dengan cara menggunakan metode mengajar yang tepat dan disesuaikan dengan gaya belajar (learning style) masing-masing santri. Cara lain bisa dilakukan dengan cara membentuk kelompok misalnya kelompok belajar. (b) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi adalah dengan mencari bahan bandingan sebagai sumber pembelajaran. Di samping itu, ustadzah juga harus senantiasa mengembangkan potensi diri dengan banyak belajar dari orang lain maupun menambah pengetahuan. Salah satunya dengan mengikuti Badan koordinasi (Badko) TPQ kecamatan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan diri. (c) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar adalah dengan mengemas materi pelajaran tambahan secara sistematis dan menentukan pengajaran yang berbeda untuk setiap pokok bahasan yang berbeda ditambah dengan pendekatan Inquiry Discovery Learning. Selain itu, juga bisa dengan menggunakan sistem tutor kecil atau tutor sebaya. (d) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan evaluasi adalah dengan mengadakan pre test, post test setelah selesai pembelajaran dan pemberian tugas-tugas terstruktur. Pemberian tugas atau pekerjaan rumah (PR) haruslah sering diberikan agar santri tidak malas belajar dan berusaha mengembangkan materi dan pengetahuan sesuai dengan tingkat dan kebutuhannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para ustadzah, kepala TPQ dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a; Baca Al-qur'an; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:21
Last Modified: 01 Oct 2020 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11537

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics