Dampak psikologis metode cerita dalam pendidikan agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal

Januar, Ahmad (2009) Dampak psikologis metode cerita dalam pendidikan agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_3103212_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3103212_Skripsi_Lengkap)
3103212_fullpdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui penerapan metode cerita dalam
Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon
Kaliwungu Kendal. 2) Mengetahui dampak psikologis siswa dengan Bagaimana
penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-kanak
Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal
Penelitian ini tergolong sebagai penelitian penelitian lapangan (field research),
dengan pendekatan kualitatif yang berarti bukan berupa angka-angka, data
diperoleh melalui wawancara yang ditujukan pada guru TK Muslimat NU Krajan
Kulon Kaliwungu Kendal dalam pembelajran PAI dengan menggunakan metode
cerita, observasi untuk memperoleh data dengan mengamati secara langsung
proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode cerita yang dilakukan di
TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal, dan dokumentasi untuk
memperoleh informasi yang berhubungan dengan Taman Kanak-Kanak Muslimat
NU Krajan Kulon Kaliwungu. setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan
menggunakan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif,
dalam hal ini analisis digunakan untuk menganalisis pelaksanaan metode cerita
dan dampak psikologisnya pada siswa di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU
Krajan Kulon Kaliwungu Kendal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode cerita dalam
Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu
Kendal dilakukan dengan melakukan persiapan dengan tujuan agar metode cerita
yang disampaikan dapat diterima oleh siswa, selanjutnya proses yang dilakukan
ialah dengan melakukan penyampaian materi cerita dan yang terakhir dengan
memberikan pancingan pertanyaan sehingga nanti diketahui seberapa besar
pemahaman siswa. 2) Dampak psikologis siswa yang diterima siswa dengan
penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU 01
Krajan Kulon Kaliwungu Kendal adalah adanya motivasi dan pengarahan dari
kegiatan yang dilakukan, terjadi perubahan tingkah laku yang sesuai dengan
norma-norma agama atau norma-norma masyarakat yang diketahuinya dari cerita.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan
masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua
pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode cerita; Dampak psikologis; Pendidikan agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:21
Last Modified: 28 Jul 2021 05:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics