Konsep fitrah manusia menurut Prof. Dr. Achmadi dan implementasinya dalam pendidikan akhlak anak : analisis filosofis

Muhlisin, Muhlisin (2008) Konsep fitrah manusia menurut Prof. Dr. Achmadi dan implementasinya dalam pendidikan akhlak anak : analisis filosofis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103096_muhlisin]
Preview
Text (skripsi_3103096_muhlisin)
3103096_MUHLISIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari dua Rumusan Masalah: 1) Bagaimana konsep fitrah manusia menurut Achmadi. 2) Bagaimana implikasi konsep fitrah manusia menurut Achmadi dalam pendidikan akhlak.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui konsep fitrah manusia menurut Achmadi. 2) mengetahui Implikasi konsep fitrah manusia menurut Achmadi dalam pendidikan akhlak.

Jenis penelitian yang digunakan adalah intelektual biograpi dalam hal ini dilakukan untuk mengetahui kehidupan Achmadi dalam hubungannya dengan masyarakat, sifat watak, pengaruh-pengaruh internal dan eksternal yang membentuk pemikirannya, penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu mengamati kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada masa kehidupan tokoh. Metode pengambilan data dilakukan dengan Library Research, dan wawancara, sumber data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder, kemudian semua data dianalisis dengan menggunakan: 1) Metode Deskriptif Analisis untuk mendeskripsikan dan sekaligus menganalisis pemikiran-pemikiran Achmadi tentang fitrah manusia dan implementasinya dalam pendidikan akhlak anak, 2) Metode content analisis yaitu untuk mengetahui kerangka berfikir Achmadi tentang fitrah manusia dan implementasinya dalam pendidikan akhlak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menurut Achmadi fitrah adalah ciptaan asal atau blue print yang diciptakan Allah SWT kepada manusia, dalam blue print itu, pada diri manusia diberikan sumber daya atau potensi menuju pada tujuan penciptaan manusia yaitu menjadi Abid dan khalifah, yang ujungnya nanti menjadikan manusia yang beribadah dan memelihara semua karunia dari allah. 2) Implikasi dari konsep fitrah menurut Achmadi dalam pendidikan akhlak adalah terbentuknya manusia yang berakhlakul karimah dan mampu melaksanakan tugasnya sesuai tujuan penciptaan manusia diatas. Pendidikan akhlak yang ditanamkan sejak dini pada anak-anak dengan sendirinya akan menjadi bagian dari unsur-unsur kepribadiannya.. Konsep yang ditawarkan oleh Achmadi adalah proses pendidikan akhlak yang bersifat humanisme teosentris yang menitik beratkan pada penjunjungan tinggi harkat manusia yang berdasarkan pada ketauhidan yang ujungnya nanti manusia akan mendapatkan kebahagiaan.

Penelitian yang diperoleh merupakan sumber data penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan yang dapat digunakan sebagai wawasan keilmuan terutama dalam merancang sistem pendidikan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fitrah; Pendidikan Islam; Filsafat pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:44
Last Modified: 15 Jul 2020 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics