Implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran PAI terhadap anak jalanan (studi kasus di LSM "SETARA" Semarang)

Listriyani, Listriyani (2009) Implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran PAI terhadap anak jalanan (studi kasus di LSM "SETARA" Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104327_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104327_Skripsi_Lengkap)
3104327_Skripsi_lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Listriyani (3104327) “Implementasi Pendidikan Humanis Pada Pembelajaran PAI Terhadap Anak Jalanan” (Studi Kasus di LSM “Setara” Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui konsep pendidikan humanis pada pembelajaran PAI di LSM “Setara” Semarang; (2). Mengetahui implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran PAI di LSM “Setara” Semarang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (descriptive research), dengan teknik studi kasus (case study), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan obyek sesuai dengan apa adanya. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif, yaitu: peneliti menganalisis berangkat dari kasus yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata (sesuai lapangan), untuk kemudian dirumuskan kepada hal-hal yang bersifat umum.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan agama Islam yang ada di LSM “Setara” Semarang merupakan pola pendampingan dan pembinaan terhadap anak jalanan yang sangat mengedepankan pada nilai-nilai humanis. Dalam hal ini terlihat dari pola hubungan antara para pendamping dengan anak jalanan, maupun antar sesama anak jalanan, yang saling menghormati, saling menghargai, dan tidak memandang rendah antara satu sama lain. Pendidikan humanis pada pembelajaran PAI terhadap anak jalanan di LSM “Setara” Semarang ini bertujuan agar anak jalanan mempunyai bekal ilmu pengetahuan, serta untuk menanamkan iman dan taqwa, sebagai konsep diri bagi anak jalanan untuk memilih dan memutuskan perbuatan yang akan dilakukannya sehari-hari, serta untuk membentengi dirinya dari perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan dirinya dan juga orang lain.

Implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran PAI terhadap anak jalanan yang dimaksudkan oleh penulis dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan pendidikan agama Islam terhadap anak jalanan yang dikemas dengan pola pendekatan yang humanis, yang selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan antar sesama manusia tanpa pandang bulu, dan tanpa memandang strata sosial anak jalanan yang dibina dan dibimbing.

Implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran PAI terhadap anak jalanan di LSM “Setara” Semarang diwujudkan dengan penciptaan suasana relegius di LSM “Setara” Semarang maupun di lingkungan masyarakat LSM “Setara” Semarang. Anak jalanan belajar mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan yang telah didapatkan dari pembelajaran pendidikan agama Islam, karena pendidikan agama Islam bagi anak jalanan merupakan pondasi dasar yang harus ditanamkan terhadap jiwa anak sedini mungkin, agar anak jalanan mempunyai akhlak yang terpuji dan menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, dan mampu mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, serta untuk membentengi diri dari perbuatan-perbuatan yang kurang terpuji, karena dunia jalanan adalah dunia yang bebas. Karena bagaimanapun anak jalanan merupakan generasi penerus bangsa yang harus mendapatkan pendidikan agama agar mereka mempunyai akhlak yang terpuji.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan juga dapat menjadi bahan masukan bagi kita semua, dan juga bagi LSM ataupun yayasan yang mendampingi anak jalanan, dan juga pemerintah yang dalam hal ini sangat diharapkan dukungannya dalam membantu mengentaskan anak jalanan dan berusaha memenuhi hak-hak anak jalanan agar bisa hidup layak sebagaimana anak-anak yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan humanis; anak jalanan; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11549

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics