Nilai-nilai pendidikan dalam perintah Memakai jilbab (studi terhadap Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59)

Sofwan, Rizki Fahmi (2008) Nilai-nilai pendidikan dalam perintah Memakai jilbab (studi terhadap Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59). Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3103259_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3103259_Skripsi_Lengkap)
3103259_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai-Nilai Pendidikan Dalam
Perintah Memakai Jilbab (Studi terhadap Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 59).
Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Kependidikan Islam Fakultas
Tarbiyah IAIN Walisongo 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)
makna nilai-nilai pendidikan Islam; (2) makna jilbab dalam Al-Quran; (3) nilainilai pendidikan Islam yang terdapat dalam perintah memakai jilbab (Al-Quran
Surah Al-Ahzab Ayat 59).
Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research)
dengan Teknik Analisis Tafsir Tahlily. Data penelitian yang terkumpul kemudian
dianalisis dengan menggunakan pendekatan filosofis yang berusaha melihat
makna pendidikan Islam yang bersumber dari wahyu Ilahi, yaitu Al-Qur’an.
Dengan pendekatan ini akan melihat bahwa makna pendidikan di dalam surah AlAhzab Ayat 59 dapat diterapkan dalam dunia praktis.
Hasil penelitian menunjukkan; pertama, nilai-nilai pendidikan Islam
adalah esensi yang melekat pada sesuatu yang berarti dan berguna serta
membutuhkan penghayatan yang menyebabkan hal itu pantas dikejar oleh
manusia sebagai usaha untuk memelihara dan mengembangkan fitrah manusia
serta sumber daya manusia yang ada padanya menuju terbentuknya manusia
seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma Islam.
Kedua, jilbab adalah pakaian wanita yang menutupi seluruh tubuhnya
kecuali wajah dan telapak tangan, jilbab tidak melekat di badan melainkan
penutup terakhir setelah pakaian utama, bentuknya bermacam-macam bisa berupa
selendang besar yang ditutupkan dari atas kepala terjurai sampai dada atau kaki,
bisa pula berbentuk kerudung tapi lebih besar dari sekedar kerudung biasa, ia
mampu menutupi dada.
Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam perintah
berjilbab mencakup nilai ukhuwwah, syari’ah, sosial, sifat pemaaf dan kasih
sayang. Nilai-nilai tersebut melingkupi makna jilbab dalam arti yang
sesungguhnya, yaitu jilbab dalam arti busana untuk menutup aurat dan keindahan
wanita, maupun jilbab dalam arti psikis yang memuat akhlak dan sikap wanita
dalam kesehariannya. Keduanya diperhatikan tanpa ada salah satu makna yang
ditinggalkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi
dan masukkan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, para da’i, para
orang tua, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah
IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan; Al quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics