Studi tentang manajemen pembiayaan Pendidikan melalui program bantuan Operasional sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Rohman, Fathur (2009) Studi tentang manajemen pembiayaan Pendidikan melalui program bantuan Operasional sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104360_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104360_Skripsi_Lengkap)
3104360_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

FATHUR ROHMAN (NIM: 3104360). ”Studi tentang Manajemen Pembiayaan Pendidikan melalui Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara”. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 (S.1) Jurusan Kependidikan Islam (KI) Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 2). Problem dan solusi manajemen pembiayaan pendidikan melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah Metode Observasi (Pengamatan), Metode Dokumentasi, Metode Interview. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.
Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan meliputi perencanaan keuangan yang berupa penyusunan anggaran (budgeting) terdiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Madrasah (APBS/M). Kegiatan pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi pembukuan (accounting) yang merupakan pembukuan terhadap pelaksanaan terhadap pembiayaan yang dilaksanakan untuk proses pendidikan. Adapun kegiatan manajemen pembiayaan pendidikan sebelum program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terakhir yaitu evaluasi berupa pemeriksaan (auditing) merupakan pemeriksaan terhadap pendapatan dan pengeluaran serta penilaian pelaksanaan pembiayaan pendidikan.
Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tentu berbeda dengan sebelum adanya program Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pola manajemen pembiayaan pendidikan melalui program BOS telah baku dan tiap sekolah atau madrasah harus mengikuti prosedur atau mekanisme yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, tidak terkecuali Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yang harus mengikuti mekanisme yang telah ditentukan. Mekanisme yang telah baku itu antara lain: mekanisme penetapan alokasi dana BOS, mekanisme penyaluran dan pengambilan dana BOS, mekanisme penggunaan dana BOS, monitoring dan pengawasan dana BOS, pelaporan penggunaan dana BOS.
Keberadaan program BOS meningkatkan penerimaan sekolah, sehingga memungkinkan perbaikan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan berpotensi meningkatkan akses masyarakat, termasuk akses masyarakat miskin terhadap pendidikan. Meskipun kehadiran program BOS tidak terlepas dari berbagai problem atau masalah. Namun Program BOS lebih banyak memberikan manfaat, sehingga solusi konkrit perlu diterapkan guna perbaikan sistem dan mempermudah pelaksanaan pembiayaan pendidikan melalui program BOS ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pembiyaan pendidikan; Madrasah Ibtidaiyah; dana BOS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11560

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics