Upaya guru PAI dalam mewujudkan visi dan misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes

In'ami, Zaki (2008) Upaya guru PAI dalam mewujudkan visi dan misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103149_zaki_inami]
Preview
Text (skripsi_3103149_zaki_inami)
3103149_ZAKI_INAMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zaki In’ami (3103149), studi tentang Upaya Guru PAI Dalam Mewujudkan Visi Dan Misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes,
Skripsi Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi visi dan misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), 2) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mewujudkan visi dan misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deduktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses KBM di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh sudah menggunakan kurikulum KTSP, Implementasi visi dan misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes juga melalui kurikulum muatan lokal, ekstra kurikuler, dan pelatihan skill siswa. Program intra kurikuler dilaksanakan melalui : pengorganisasian program belajar mengajar yang meliputi penguasaan bahan program pengajaran, satuan pelajaran, mengenal kemampuan anak didik dan kegiatan belajar mengajar, melakukan penilaian dan evaluasi. Pada pelaksanaan KBM masih ada guru yang belum mampu memahami visi dan misi madrasah, menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mewujudkan visi dan misi MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes berperan serta dalam menyusun visi dan misi madrasah, mengidentifikasi kebutuhan Pendidikan Agama Islam, menyusun RPP yang sesuai dengan visi dan misi madrasah, dan melaksanakan kegiatan studi banding dengan sekolah yang lebih maju, membuat program ekstra keagamaan untuk meningkatkan kualitas ilmiyah dan ubudiyah. Guru PAI juga mengadakan evaluasi tentang keberhasilan Pendidikan Agama Islam dan kendala yang dihadapi serta mencari solusi yang tepat. Kendala yang dihadapi dari segi pribadi guru yang belum memahami KTSP dengan baik, dari segi finansial untuk menyelenggarakan kegiatan yang lebih variatif dan bermutu. Oleh karena itu pihak madrasah melakukan pelatihan kepada guru khususnya guru PAI agar mampu melaksanakan KBM dalam konteks KTSP, dan membuat jaringan dengan lembaga atau instansi lain untuk membantu mengatasi masalah keuangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, pengelola pendidikan, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Manajemen madrasah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:22
Last Modified: 16 Jul 2020 04:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics