Studi kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam SMP di Kabupaten Cirebon : studi pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon

Rahman, Mustafid (2009) Studi kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam SMP di Kabupaten Cirebon : studi pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_3104303_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104303_Skripsi_Lengkap)
3104303_fullpdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Problematika kompetensi profesional Guru PAI di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon antara lain : 1). Guru PAI kurang peka terhadap pembaharuan kurikulum dan perkembangan media pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi, 2). Guru PAI belum mampu menciptakan suasana hubungan yang kritis dan dinamis yang dapat berimplikasi pada peningkatan daya kreatifitas peserta didik, 3). Guru PAI belum mampu menerapkan metode pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik secara maksimal dan cenderung monoton, 4). Guru PAI SMP di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon belum memiliki keseragaman langkah dalam pengajaran maupun dalam penggunaan metode, 5). Guru PAI kurang mampu menuliskan gagasan-gagasannya dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dibutuhkan dalam pengembangan karirnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimana kompetensi profesional Guru PAI di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon, 2). Apakah problematika kompetensi profesional Guru PAI di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon, 3). Bagaimana upaya meningkatkan kompetensi profesional Guru PAI di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dengan menggunakan instrumen angket sebagai alat pengumpul data kompetensi profesional Guru PAI di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon, subyek dalam penelitian ini adalah pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon masa bakti 2008-2011 yang berjumlah 18 orang.
Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kompetensi profesional Guru PAI di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon, kemudian dilanjutkan dengan analisis kualitatif deskriptif untuk menjelaskan hasil data yang diperoleh dari lapangan.
Hasil analisis ini menunjukkan bahwa 4 orang dari 18 orang guru di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon memiliki kompetensi profesional rata-rata dengan prosentase sebanyak 22 % dan 10 orang guru memiliki kompetensi profesional diatas rata-rata dengan prosentase sebanyak 55 %, sedangkan sisanya sebanyak 4 orang guru memiliki kompetensi profesional di bawah rata-rata dengan prosentase sebanyak 22 %. Guru yang memiliki kompetensi profesional rata-rata dan diatas rata-rata tersebut mempunyai kompetensi yang memadai dalam hal penguasaan bahan atau materi pembelajaran, pengelolaan program belajar mengajar, pengelolaan kelas, penggunaan media atau sumber belajar, penguasaan landasan kependidikan, pengelolaan interaksi belajar mengajar, penilaian prestasi peserta didik untuk kepentingan pengajaran, mengenal fungsi dan program layanan bimbingan konseling, mengenal dan melaksanakan administrasi sekolah dan memahami dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan untuk kepentingan pengajaran.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan masukan terhadap Guru PAI SMP di MGMP PAI SMP Kabupaten Cirebon pada khususnya dan MGMP PAI lain pada umumnya serta bagi para calon Guru PAI sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru PAI.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 12 Jul 2021 13:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics