Studi korelasi prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa di SMP Hj Isriati Semarang

Nugroho, Wahid Muhaimin (2008) Studi korelasi prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa di SMP Hj Isriati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103167_whid_muaimin_nugroho]
Preview
Text (skripsi_3103167_whid_muaimin_nugroho)
3103167_Wahid_Muhaimin_Nugroho.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahid Muhaimin Nugroho (NIM. 3103167). Studi Korelasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMP Hj Isriati Semarang. Skripsi Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang.
Pendidikan Agama Islam merupakan bagian terpenting dari pendidikan dalam melestarikan aspek-aspek sikap dan nilai keagamaan sehingga harus tetap diupayakan dengan cara pembinaan secara terus menerus sehingga akan memberikan bekal bagi siswa dalam pertumbuhan dan perkembangannya, khususnya dalam peningkatan taraf kedewasaan emosional siswa yang nantinya diharapkan dapat mendorong tercapainya keberhasilan ataupun kesuksesan masa depan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Hj Isriati Semarang (X). Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence) Siswa di SMP Hj Isriati Semarang (Y). Ada tidaknya Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Hj Isriati Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan tehnik stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen dokumentasi nilai raport untuk menjaring data (X), dan instrumen kuesioner untuk menjaring data (Y).
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Dan dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (prestasi belajar pendidikan agama Islam) yang menunjukkan nilai terendah 60 dan tertinggi 80 sehingga mendapat rata-rata 75,3 dan termasuk dalam interval 61 – 80 sehingga dikategorikan baik. Sedangkan variabel Y (kecerdasan emosional siswa) yang menunjukkan nilai terendah 57 dan tertinggi 92 sehingga mendapat nilai rata-rata 72,9 dan termasuk dalam interval 61 – 80 sehingga dikategorikan baik.
Pengujian hipotesis menggunakan perhitungan korelasi produk moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa SMP Hj Isriati Semarang. Hal ini dapat diketahui dari rhitung (nilai rasio observasi) yaitu 0,680 yang ternyata lebih besar dari rtabel (nilai tabel korelasi) baik pada tingkat signifikansi 5 % : 0,312 dan 1 % : 0,401. hal ini menunjukkan bahwa 68% variasi skor prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di tentukan oleh kecerdasan emosional.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa, dalam arti semakin tinggi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam semakin baik pula kecerdasan emosional siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para praktisi pendidikan baik guru maupun orang tua dalam pembinaan dan pendidikan keagamaan pada putra-putrinya agar menjadi anak yang berkepribadian baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Kecerdasan emosional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:29
Last Modified: 16 Jul 2020 08:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11572

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics