Studi komparasi isi buku pelajaran PAI kelas VIII SMP yang diterbitkan oleh CV. Aneka Ilmu dan CV. Yudhistira dalam perspektif KTSP

Nasir, Muhammad (2008) Studi komparasi isi buku pelajaran PAI kelas VIII SMP yang diterbitkan oleh CV. Aneka Ilmu dan CV. Yudhistira dalam perspektif KTSP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103170_muhammad_nasir]
Preview
Text (skripsi_3103170_muhammad_nasir)
3103170_MUHAMMAD_NASIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhammad Nasir (NIM. 3103170). Studi Komparasi Isi Buku Pelajaran PAI Kelas VIII SMP yang diterbitkan oleh CV. Aneka Ilmu dan CV. Yudhistira dalam Perspektif KTSP. Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kesesuaian antara buku pelajaran PAI kelas VIII SMP yang diterbitkan oleh CV. Aneka Ilmu dan CV. Yudhistira dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana penelitian yang disusun tidak melalui prosedur statistik, tetapi non statistik non matematik. Penelitian merupakan penelitian deskriptif, yakni menguraikan, menggambarkan dan memaparkan apa ada gejala-gejala secara jelas terhadap aspek-aspek yang diselidiki, sehingga penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis, karena data yang terkumpul dianalisis menurut isinya (content analisys) dengan menggunakan metode interpretasi.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa isi buku pelajaran PAI kelas VIII SMP yang diterbitkan oleh CV. Aneka Ilmu dan CV. Yudhistira dapat ditinjau dari aspek isi pokok bahasan, organisasi atau sistematika, kelengkapan pokok bahasan (materi pokok) yang meliputi : istilah, lambang dan notasi, contoh dan ilustrasi, tata krama penulisan dan kepustakaan. Secara garis besar aspek organisasi buku pelajaran tersebut lebih memilih tema-tema pokok mencakup pemahaman tentang al-Qur’an dan al-Hadis, pemahaman tentang keimanan, pemahaman tentang akhlak, pemahaman tentang syari’ah (hukum Islam) dan pemahaman tentang sejarah. Pada aspek kelengkapan pokok bahasan, buku pelajaran tersebut tidak hanya menyajikan materi pokok serta uraiannya, melainkan dilengkapi dengan istilah, lambang dan notasi, contoh dan ilustrasi dan juga tata krama penulisan dan kepustakaan.

Setelah data-data penelitian terkumpul kemudian dianalisis melalaui tinjauan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dari aspek isi pokok bahasan (materi pokok) nampaknya dalam buku pelajaran PAI kelas VIII SMP terbitan CV. Aneka Ilmu dan CV. Yudhistira tersebut telah memperhatikan prinsip relevansi, konsisitensi dan adequasi serta dalam pemilihan materinya ada yang berupa materi fakta, konsep, prinsip dan prosedural. kemudian dalam aspek organisasai atau sisitematika, kedua buku tersebut telah menggunakan organisasi atau sistematika yang digariskan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar kelas VIII SMP dari Depdiknas, berkenaan dengan kelengkapan isi pokok bahasan, meliputi istilah, istilah-istilah yang ada dalam buku pelajaran PAI kedua tersebut disertai dengan penjelasan-penjelasan, hanya beberapa istilah saja yang tidak dilengkapi dengan penjelasan, sedangkan pada lambang dan notasi terdiri dari 15 lambang pada buku terbitan CV. Aneka Ilmu dan 59 lambang pada buku terbitan CV. Yudhistira dan tersebar dalam buku tersebut. Ilustrasi yang berada dalam kedua buku tersebut telah menyajikan ilustrasi yang mudah dipahami, logis, sistematis dan mengangkat isu-isu yang pernah terjadi di sekitar kita, kemudian dalam tata krama penulisan dan kepustakaan buku pelajaran PAI tersebut keduanya kurang memperhatikan tata krama penulisan ilmiah dan kepustakaan ilmiah.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi praktisi pendidikan pada umumnya dan penerbit yang bersangkutan pada khususnya dan civitas akademika di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku pelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:35
Last Modified: 16 Jul 2020 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics