Upaya peningkatan kesadaran reproduksi sehat melalui pembelajaran mata pelajaran fiqih : studi tindakan pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo Jepara

Himmawati, Ulya (2008) Upaya peningkatan kesadaran reproduksi sehat melalui pembelajaran mata pelajaran fiqih : studi tindakan pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103199_ulya_himmawati]
Preview
Text (skripsi_3103199_ulya_himmawati)
3103199_ULYA_HIMMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ulya Himmawati (NIM: 3103199). Upaya Peningkatan Kesadaran Reproduksi Sehat Melalui Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas X11 Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo Jepara). Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo 2007.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui tingkat kesadaran reproduksi sehat siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo Jepara dan 2) Mengetahui upaya-upaya yang digunakan dalam peningkatan kesadaran reproduksi sehat siswa Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo Jepara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode angket, dengan teknik analisis triangulasi, yaitu membandingkan data yang diperoleh dengan data lain, atau criteria tertentu yang telah baku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan dalam meningkatkan kesadaran reproduksi sehat melalui pembelajaran mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo Jepara, yaitu ditunjukkan dengan adanya perubahan tingkat kesadaran reproduksi sehat yang dapat dilihat berdasarkan perolehan jumlah skor yang ditunjukkan dalam bentuk persentase, yang mana jumlah skor pada pra siklus sebesar 29% menjadi 34% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 37%.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhklan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesadaran reproduksi; Pendidikan seks; Fikih; Studi tindakan kelas; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:58
Last Modified: 20 Jul 2020 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics