Pelaksanaan metode al Ma’arif dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdlatul Athfal Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal

Wafa’, Muhammad Hilmi (2008) Pelaksanaan metode al Ma’arif dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdlatul Athfal Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3103214_muhammad_hilmi_wafa]
Preview
Text (skripsi_3103214_muhammad_hilmi_wafa)
3103214_Muhammad_Hilmi_Wafa’.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhammad Hilmi Wafa’ (NIM: 3103214). PELAKSANAAN METODE AL MA’ARIF DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NAHDLATUL ATHFAL GEBANG KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo ‏2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an dengan metode al-Ma’arif, 2) kelebihan dan kekurangan metode al-Ma’arif dalam pembelajaran al-Qur'an di TPQ Nahdlatul Athfal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran metode al-Ma’arif di TPQ Nahdlatul Athfal, tujuan dari kurikulum mengacu pada FUSPAQ (Forum Ukhuwah Silaturahim Pendidikan al-Qur'an) Kendal dengan tambahan materi dari TPQ Nahdlatul Athfal.
Metode al-Ma’arif adalah suatu metode pembelajaran membaca al-Qur'an tidak putus-putus, langsung tanpa dieja, cepat tepat, sederhana dan benar sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah tajwid. Pembelajaran ini terfokus pada cara membaca al-Qur'an yang baik, benar dan fasih yang disusun sistematis dari jilid pra TK – jilid 6 (juz amma)/gharib dan buku ilmu tajwid. Pembelajaran al-Qur'an dilakukan sejak dini, dan menjadi tanggung jawab orang tua dalam menanamkan kecintaan pada al-Qur'an serta menjadi modal utama kelak dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode al-Ma’arif di taman pendidikan al-Qur'an TPQ sangat membantu peserta didik dalam mempelajari al-Qur'an dengan cepat, lancar, benar dan fasih karena materi atau isinya lebih sederhana yang disesuaikan dengan kemampuan siswa serta diambil dari potongan ayat-ayat al-Qur'an.
Penulis simpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an dengan metode al-Ma’arif di TPQ Nahdlatul Athfal, tujuan dari kurikulumnya disesuaikan dengan FUSPAQ (Forum Ukhuwah Silaturahim Pendidikan al-Qur'an) Kendal. Sedangkan kurikulum tambahan ditetapkan oleh TPQ Nahdlatul Athfal sebagai bekal pengetahuan bagi peserta didik serta evaluasinya. Kelebihan metode al-Ma’arif secara garis besar karena sederhananya materi yang diajarkan dengan penjelasan dari bacaan-bacaannya ilmu tajwid dalam mengajarkannya, bervariasinya penggunaan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Akan tetapi metode ini masih banyak kekurangan yang menuntut perbaikan (revisi) dari pihak metode al-Ma’arif serta keprofesionalitasan guna dalam mengajarkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Al-Maarif; Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:11
Last Modified: 28 Jul 2021 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics