Pelaksanaan outbound dalam pembelajaran PAI di SD Islam Al-Azhar 29 Semarang

Sonhaji, Sonhaji (2008) Pelaksanaan outbound dalam pembelajaran PAI di SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103234_sonhaji]
Preview
Text (skripsi_3103234_sonhaji)
3103234_SONHAJI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sonhaji (NIM: 3103234), Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang Angkatan 2003, Jurusan PAI, judul: Pelaksanaan Outbound dalam Pembelajaran PAI di SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2008.
Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan outbound dalam pembelajaran PAI di SD Islam Al-Azhar 29 Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah Guru PAI, Guru lain yang relevan dengan obyek penelitian, Siswa, Kepala Sekolah dan Dokumen kurikulum PAI SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Sedangkan dalam pengumpulan data, menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan outbond dalam pembelajaran PAI di SD Islam al-Azhar 29 Semarang merupakan perwujudan rancangan outbond yang telah disusun guru. Rancangan yang tersusun memberikan arah pada program kegiatan yang harus dilakukan. Sesuai dengan rancangan pelaksanaan outbond, berikut merupakan kegiatan yang harus diwujudkan: pertama, menyiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan sesuai dengan rancangan. Bahan dan peralatan dalam kondisi siap pakai. Demikian juga guru SD al-Azhar 29 Semarang menyiapkan kendaraan sebagai sarana transportasi yang menjamin keamanan dan kenyamanan anak-anak. Kedua, kegiatan menentukan kelompok-kelompok anak serta pembimbingnya. Membagikan tanda pengenal kepada masing-masing anak. Memberikan pengarahan dan panduan kepada pembimbing outbond. Kemudian dengan bantuan pembimbing kelompok-kelompok anak memasuki kendaraan yang sudah ditetapkan. Selanjutnya guru atau wakilnya mengkomunikasikan tata tertib yang harus dipatuhi peserta outbond. Ketiga, sebelum berangkat menuju sasaran outbond didahului dengan membaca doa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing. Dalam perjalanan anak-anak diajak bernyanyi dengan lagu-lagu sesuai dengan tema outbond. Kegiatan bernyanyi dalam perjalanan dimaksudkan untuk menggiatkan motivasi belajar anak. Banyak macam motivasi yang dapat digerakkan: kebutuhan dasar seperti makanan; motif sosial, seperti memperoleh pengakuan, kasih sayang, kehormatan; motif pribadi, seperti rasa ingin tahu dan ingin memperoleh kekuatan atau ingin menonjol. Dalam perjalanan guru menginformasikan lebih lanjut tujuan outbond agar anak mengetahui secara tepat apa yang diharapkan diperoleh dalam outbond ini. Keempat, mengarahkan perhatian anak pada sasaran yang harus diamati (lingkungan sekitarnya, alam bebas terbuka) yang merupakan bagian yang terkandung dalam tujuan dan tema yang sudah ditetapkan. Misalnya guru mengatakan: coba perhatikan bermacam warna bunga itu, langit yang menjulang tinggi, kupu-kupu yang indah tengah menyadap sari bunga. Coba perhatikan binatang apa yang beterbangan di atas bunga itu, dan sebagainya, dan perhatian anak SD al-Azhar 29 Semarang, berkaitan dengan pengalaman yang sudah diperoleh sebelumnya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola SD Islam Al-Azhar 29 agar lebih memperhatikan tahapan penyelenggaraan outbound yang meliputi (a) perencanaan, (b) pelaksanaan dan (c) evaluasi. Bagi para orang tua siswa hendaknya mendorong anak-anaknya untuk semakin mempersiapkan diri secara matang dalam mengikuti program outbound, sehingga target yang diinginkan oleh guru pendamping bisa tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Outbond; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:38
Last Modified: 20 Jul 2020 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics