Peranan pembiayaan qardhul hasan dalam pembinaan kesejahteraan peminjam : study kasus di BMT “fajar mulia” Ungaran

Arifuddin, Mohammad (2009) Peranan pembiayaan qardhul hasan dalam pembinaan kesejahteraan peminjam : study kasus di BMT “fajar mulia” Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2104017_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2104017_Skripsi_Lengkap)
2104017_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil “Fajar Mulia” Ungaran merupakan Lembaga Keuangan Non Bank yang selain bergerak di bidang bisnis yang bersifat profit oriented (Baitut Tamwil), juga bergerak sebagai lembaga sosial (Baitul Maal). Bahwa salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh Baitul Maal “Fajar Mulia” adalah pembiayaan qardhul hasan. Sementara ini Baitul Maal “Fajar Mulia” Ungaran masih merupakan sub bagian yang dijalankan oleh bagian umum BMT “Fajar Mulia” Ungaran. Yang menjadikan ketertarikan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan pembiayaan qardhul hasan dalam pembinaan kesejahteraan penerima pembiayaan ini.
Jenis penelitian ini adalah field reaserch yang dilakukan di BMT “Fajar Mulia” Ungaran tentang Pembiayaan Qardhul Hasan. Sumber data meliputi sumber data primer dan skunder. Tehnik pengumpulan datanya melalui documentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif dengan berfikir secara induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola pembiayaan qardhul hasan di Baitul Maal “Fajar Mulia” Ungaran berperan kecil dalam pembinaan kesejahteraan peminjam karena peranannya hanya memberikan pinjaman kepada peminjam sekedar untuk membantu memenuhi kebutuhan peminjam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Qardhul hasan; Kesejahteraan; BMT Fajar Mulia Ungaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 01 Oct 2020 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics