Efektivitas quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar sistem pencernaan manusia pada siswa kelas viii MTs Salafiyah Kajen Kabupaten Pati

Indrawati, Wahyu (2009) Efektivitas quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar sistem pencernaan manusia pada siswa kelas viii MTs Salafiyah Kajen Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_043811295_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_043811295_Skripsi_Lengkap)
3104295_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas quantum teaching terhadap hasil belajar biologi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 76 responden yang terbagi atas dua kelas yaitu kelas eksperimen (38 siswa) dan kelas kontrol (38 siswa) yang menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara mengacak seluruh peserta sebagai langkah pemilihan sampel.
Pengumpulan data menggunakan instrumen tes (multiple choice test) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum tes digunakan untuk menggunakan data yang obyektif dilakukan dahulu uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selain itu digunakan metode dokumentasi untuk mengambil data nama siswa ang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian..
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan hipotesisnya menggunakan analisis uji t. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa quantum teaching lebih efektif untuk meningkatkan evaluasi hasil belajr. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang mrnunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan melalui quantum teaching mendapatkan nilai lebih tinggi yaitu 76,49 sedangkan kelas kontrol yang tidak menerima quantum teaching mendapatkan nilai 67,32. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan 5 % didapatkan t hitung 2,99 dan t tabel 1,67, karena t hitung ≥ t tabel maka ada perbedaan nyata antara hasil belajar yang diberi pembelajaran kuantum dengan yang tidak. Maka dapat dikatakan bahwa quantum teaching lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap evaluasi hasil belajar.
Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quantum teaching; MTs; Biologi; Sistem Pencernaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 24 May 2021 05:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics