Tinjauan hukum Islam terhadap status kepemilikan tanah SMK Muhammadiyah 1 Semarang

Chafidoh, Nur (2007) Tinjauan hukum Islam terhadap status kepemilikan tanah SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2100168_Nur Chafidoh.pdf]
Preview
Text
2100168_Nur Chafidoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (931kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menggali 1). Bagaimana asal-usul tanah SMK Muhammadiyah Semarang. 2) Apakah Status kepemilikan tanah SMK Muhammadiyah 1 sesuai dengan prinsip-prinsip kepemilikan di dalam hukum Islam.
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan kualitatif. Di mana hasil penelitian akan dijelaskan secara deskriptif dengan menggunakan analisis nonstatistik (analisis deskriptif), karena data yang diwujudkan dalam skripsi ini berbentuk laporan atau uraian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut: Observasi, interview, dokumentasi, setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data diwujudkan bukan dalam bentuk angka, melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.
Setelah melakukan penelitian maka diketahi bahwa: Bahwasanya asal-usul tanah SMK Muhammadiyah I Semarang adalah berasal dari tanah wakaf Bapak Abdul Karim Suryodiputro. Tanah wakaf tersebut sudah sah menurut pandangan Diniyah (pandangan Fiqih Islam), karena wakaf tersebut sudah sesuai dengan rukun-rukun wakaf dan syarat-syarat wakaf, akan tetapi belum disertifikatkan sebagai tanah wakaf melainkan hanya disebutkan sebagai tanah yang berstatus hak milik atas tanah.
Status kepemilikan tanah SMK Muhammadiyah I Semarang adalah milik sah Persyarikatan Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah yang berkedudukan di Yogyakarta sesuai dengan sertifikat tanah yang berfungsi sebagai tanda bukti hak yang diterbitkan oleh Badan pertanahan nasional (BPN) Kantor pertanahan Kota Semarang pada tanggal 11 Oktober 1993. hal ini sudah sesuai dengan teori milkiyah dalam Fiqih muamalah di mana salah satu sebab-sebab milkiyah yaitu karena aqad, dan aqad yang dilakukan untuk memperoleh tanah SMK Muhammadiyah I Semarang adalah melalui proses wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Fikih; Wakaf; Muamalah; Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:36
Last Modified: 07 Aug 2020 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics