Manajemen layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 25 Semarang

Sudargono, Sudargono (2008) Manajemen layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 25 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103261_sudargono]
Preview
Text (skripsi_3103261_sudargono)
3103261_SUDARGONO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sudargono (NIM. 3103261). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam al-Azhar 25 Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan Mengetahui (1) Bagaimana manajemen layanan bimbingan dan konseling di SD Islam al-Azhar 25 Semarang, (2) Apa daya dukung manajemen layanan bimbingan dan konseling di SD Islam al-Azhar 25 Semarang, (3) Apa kendala, dan upaya pemecahan problematika layanan bimbingan dan konseling di SD Islam al-Azhar 25 Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode riset lapangan (field Research), adalah penelitian yang langsung dilakukan di lapangan untuk memperoleh data, dengan menggunakan pendekatan paradigma pendidikan, yaitu bagaimana dalam memecahkan dan menganalisis problematika lebih dilihat dari aspek pendidikan kritis, dimana proses humanisasi menjadi rujukan. Sehingga analisis yang digunakan dalam penulisan skripsi ini dengan cara melihat obyek penelitian dengan selalu mempertimbangkan sisi humaniora, adapun caranya dengan melakukan pendekatan yang berempati, melihat suatu gejala dipahami dari sudut pandang mereka sendiri (obyek penelitian), perlu dipahami sebagaimana mereka memahami suatu hal. pendekatan ini digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan diarahkan pada latar belakang dan individu tersebut secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar Islam al-Azhar 25 semarang, sudah berjalan dengan baik walaupun belum bisa maksimal, hal ini disebabkan oleh latar belakang siswa yang beragam maupun beberapa faktor yang berasal dari internal sekolah maupun eksternal sekolah. Hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen layanan bimbingan dan konseling dengan mengambil studi kasus di Sekolah Dasar Islam al-Azhar 25 Semarang, dapat digambarkan, secara umum telah terlaksana dengan baik, indikator keberhasilan terlihat dari antusiasme peserta didik dan perkembangannya dibanding sebelum kegiatan ini diadakan, indikasi keberhasilan yang lain adalah jumlah pengunjung yang memanfaatkan waktu istirahat, sebelum, maupun sesudah kegiatan sholat berjama’ah, baik itu dari kalangan peserta didik maupun guru untuk mengadakan bimbingan individu, kelompok, pengaduan kasus, maupun sekedar konsultasi. Keberhasilan ini tidak lebih dikarenakan adanya kesadaran dari pihak sekolah untuk mampu merespon keadaan perkembangan peserta didik dan upaya membantu peserta didik dalam upaya pemecahan masalah yang dikhawatirkan akan menghambat keberhasilan siswa baik dari sisi akademik maupun non akademik maupun cita-cita Sekolah Dasar Islam al-Azhar 25 Semarang, yakni mencetak generasi imtaq dan iptek. Oleh karena itu semua pihak di sekolah senantiasa melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling serta arahan yang bermuara pada mewujudkan tujuan pendidikan yang diselenggarakan. Kegiatan manajemen layanan bimbingan dan konseling yang meliputi; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi, mutlak diperlukan agar dalam pelaksanaan layanan dapat terlaksana secara sistematis dan terorganisir dengan mempertimbangkan semua aspek dan faktor yang mempengaruhi sehingga peserta didik dapat lebih mengeksplorasi dan mengaktualisasikan potensi dirinya dengan maksimal. Apalagi kurikulum KTSP yang lebih menekankan pada penguasaan peserta didik terhadap bidang tertentu yang sesuai skill masing-masing individu, membuat bimbingan dan konseling menjadi urgen keberadaannya, permasalahan manajemen layanan bimbingan dan konseling yang banyak dialami sekolah di Indonesia belum mendapat perhatian khusus yang mengakibatkan tidak tercapainya tujuan dan sasaran yang ditetapkan secara maksimal belum lagi untuk tingkatan sekolah dasar yang memang belum menjadi kesadaran secara nasional.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap khazanah keilmuan dibidang pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Bimbingan dan konseling; Sekolah dasar Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:00
Last Modified: 27 Aug 2020 05:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics