Implementasi pendidikan keagamaan pada anak asuh di PAYP Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal

Hurroh, Layinatul (2008) Implementasi pendidikan keagamaan pada anak asuh di PAYP Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103282_layinatul_hurroh]
Preview
Text (skripsi_3103282_layinatul_hurroh)
3103282_Layinatul_Hurroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Layinatul Hurroh (NIM: 3103282). “Implementasi Pendidikan Keagamaan Pada Anak Asuh Di PAYP Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal”. Skripsi. Semarang: Program strata I jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.

Rumusan Masalah: bagaimana Implementasi pendidikan keagamaan pada anak asuh Di PAYP Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendidikan keagamaan pada anak asuh Di PAYP Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal.

Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik, bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan dengan pendekatan fenomenologi yang mencoba meneliti dan menggambarkan keadaan atau fenomena subyek yang diteliti dengan menggunakan logika-logika serta teori-teori yang sesuai dengan lapangan, setelah itu dianalaisis dengan menggunakan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif, karena: 1). Proses induktif lebih dapat menemukan kenyataan-kenyataan jamak yang terdapat dalam data, 2). Lebih dapat membuat hubungan peneliti dengan responden menjadi ekspilisit, dapat dikenal dan akuntabel, 3). Lebih dapat menguraikan latar belakang secara penuh dan dapat membuat keputusan-keputusan tentang dapat tidaknya pengalihan pada suatu latar lainya, 4). Analisa induktif lebih dapat menemukan pengaruh bersama yang mempertajam hubungan-hubungan, 5). Analisis demikian dapat memperhitungkan nilai-nilai secara eksplisit sebagai bagian struktur analitik

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Di PAYP Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal pola pendidikan pendidikan keagamaan dalam rangka mewujudkan perilaku anak asuh yang bernafaskan Islam dimana tujuan proses pembelajaran pendidikan agamanya adalah dapat menjadikan anak asuh menjadi saleh atau shalehah, menjadikan anak yang berkualitas, mampu menjadi penggerak menuju masyarakat yang adil penuh kemakmuran, yang makmur penuh keadilan di bawah ridho Allah SWT, menciptakan kemandirian pada anak asuh dalam kehidupan keagamaannya maupun kehidupan sosial sehari-harinya sebagai bekal hidupnya kelak, dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan agama Islam sebagai bekal menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan menjanjikan harapan. Materi pendidikan keagamaan dalam pembelajaran keagamaan yang diberikan terdiri dari materi aqidah, ibadah dan akhlak. Untuk Pendekatan dalam pendidikan keagamaan yang perlu dikembangkan dalam setiap proses pembelajaran diantaranya pendekatan rasional, pendekatan emosional, pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan fungsional, pendekatan keteladanan metode yang digunakan dalam pembelajaran keagamaan adalah ceramah dan penjelesan, keteladanan, nasehat, pembiasaan, ganjaran (reward) dan Hukuman (punishment). Sedangkan evaluasi pendidikan keagamaan dilakukan setiap hari baik masalah perilaku anak asuh, kedisiplinan juga tes tertulis yang dilakukan secara temporer. Dari beberapa rangkaian diatas semuanya tertuju pada pribadi anak asuh Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Shalahuddin al-Ayyubi Tampingan Boja Kendal kepada insan kamil yang dapat memposisikan dirinya menjadi khalifah dan hamba Allah SWT yang baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Anak asuh; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:38
Last Modified: 01 Sep 2020 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics