Asihtiari, Mualia Sofia (2008) Makna pujian kepada Yesus dalam agama Katholik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4101087 Mualia Sofia Asihtiari]
Preview
Text (Skripsi 4101087 Mualia Sofia Asihtiari)
4101087_MUALIA_SOFIA_ASIHTIARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agama Katholik adalah agama yang berdasar pada ajaran Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama Katholik yang dibahas di sini adalah suatu nama agama yang dipergunakan untuk menyebut agama Katholik yang mempunyai ajaran yang berpusat di Vatikan dan ajarannya tersebar ke seluruh dunia. Tuhan merupakan sumber kehidupan, kekayaan, kemakmuran yang tiada habisnya. Kebahagiaan batin yang dirasakan dapat mendorong manusia untuk berterimakasih dan mengingat nama Tuhan karena hanya Dialah yang patut dipuji.
Pujian merupakan suatu luapan sukacita dalam bentuk rumusan iman yang digunakan untuk menghormati dan mengagungkan Yesus Kristus. Ada dua bentuk ekspresi pujian dalam agama Katholik, yaitu nyanyian dan doa. Karena melalui nyanyian umat Katholik dapat mengekspresikan (mengungkapkan) pujian kepada Tuhan, menghiburkan satu sama lain dan melalui doa umat Katholik dapat mengekspresikan ucapan syukur dan permohonan kepada Tuhan. Karena nyanyian dan doa bersifat imperatif (perintah) yang harus dijalankan oleh umat Katholik saat menyembahTuhan. Pujian memberikan dampak positif, secara vertikal, juga secara horisontal, yakni kepada sesama manusia; mengasihi dan melayani sesama dengan penuh kasih, kuasa dan hikmat Tuhan..
Adapun metode yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. metode pengumpulan data, meliputi: a. sumber data primer, b. sumber data sekunder. 2. Metode analisis data bersifat kualitatif, meliputi: metode deskriptrif.
Melalui metode tersebut penulis memperoleh hasil bahwa: pada dasarnya pujian dalam agama Katholik tidaklah sama dengan shalawat yang ada dalam agama Islam bila dikaji makna yang terkandung dalam masing-masing pujian. Pujian dalam agama Katholik ditujukan khusus kepada Yesus sebagai Tuhannya umat Katholik dan mempunyai makna, yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan serta memenuhi hak-Nya. Umat Katholik menjalankan perintah memuji Tuhan agar membentuk orang-orang yang senantiasa mengucap syukur dan membentuk kesadaran orang-orang yang menyembah Tuhan. Menyembah Tuhan adalah salah satu tujuan keberadaan manusia yang sesungguhnya di dunia ini, datang dan berasal dan kembali kepada Tuhan. Pujian merupakan jalan untuk mengungkapkan kerinduan dan kebutuhan komunikasi seorang hamba kepada Tuhannya, sedangkan shalawat merupakan salah satu wujud cinta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW atas kemuliaan akhlak dan keagungan beliau, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. menambahkan kekuatan dan menuntun umat Muslim ke jalan yang diridhoi oleh Allah dengan petunjuk-petunjuknya, menambahkan kesadaran manusia untuk memeluk agama yang dibawa, disiarkan, dan diperjuangkan oleh Nabi Muhammad SAW karena Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi yang terakhir atau Nabi penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pujian; Yesus; Agama Katholik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 230 Christianity > 232 Jesus Christ and his family
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:35
Last Modified: 03 Jul 2021 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics