Konsep roh dalam Islam dan Kristen : studi komparatif kitab suci

Mushlih, As'ad (2008) Konsep roh dalam Islam dan Kristen : studi komparatif kitab suci. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4103022 Asád Mushlih]
Preview
Text (Skripsi 4103022 Asád Mushlih)
4103022_AS’AD_MUSHLIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Roh hidup dalam daging dan tulang belulang manusia, mempunyai nilai lebih besar daripada seluruh alam kebendaan. Sekalipun roh dan jiwa berkaitan dengan jasad yang berupa benda, namun adanya manusia adalah berkat adanya roh. Roh adalah asal dan sumber kepribadian manusia, seolah-olah seluruh alam wujud ini diciptakan Allah untuk membentuk manusia agar dapat mengenal hakekat dirinya. Dengan demikian manusia bukanlah sarana, bagi kehidupan makhluk sejenisnya dan bukan pula bagi alam wujud ini, tetapi roh adalah tujuan. Dari sinilah penulis ingin memenuhi rasa keingintahuan bagaimanakah konsep roh itu dan ingin mengetahui sedikit tentang kerahasiaan Allah. Maka, penulis melakukan pengkajian tersebut dengan judul Konsep Roh Dalam Islam dan Kristen (Studi Komparatif Kitab Suci).
Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui konsep roh dalam Al Qur'an dan Al Kitab. 2) Untuk mengetahui makna esensial konsep roh bagi umat Islam dan Kristen. 3) Untuk menambah khazanah pustaka dalam keilmuan Islam dan Kristen. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai oleh penulis adalah library research. Adapun analisis datanya menggunakan metode deskriptif, metode komparatif, content analysis, dan metode hermeneutik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa roh adalah jiwa atau sukma yang memberikan kehidupan bagi manusia dan sekaligus sebagai intisari dari jasad manusia. Adapun konsep roh dalam Al Qur'an, roh ini selalu dihubungkan dengan jasad manusia, tetapi hakekatnya berbeda. Dan dengan roh inilah manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling baik di antara makhluk-makhluk lainnya, karena dapat berfikir, mengetahui, berkehendak, mencintai, dan lain. Sedangkan di dalam Al Kitab juga hampir sama dengan konsep roh yang ada dalam Al Qur'an, yaitu memberikan kehidupan kepada jasad manusia, dan apabila roh itu meninggalkan jasadnya, maka manusia akan meninggal dunia. Sebagai studi komparatif, dari kedua konsep roh tersebut dapat ditemukan persamaan dan perbedaannya. Adapun persamaanya yaitu terletak pada ; proses peniupan roh, sebagai esensi jasad manusia, sebagai makhluk terbaik dari ciptaan Allah, dan akan meninggal dunia saat roh dicabut. Sedangkan perbedaannya yaitu terletak pada; penggunaan istilah, hubungan roh dengan perbuatan manusia, pada saat bangkit dari kubur, dan saat manusia dilahirkan ke dunia. Dan adapun makna esensialnya yaitu akan menambah keimanan umat Islam dan Kristen agar mendapat ridlo dari Allah, untuk mencapai tujuan itu manusia harus beribadah kepada-Nya, setelah semua itu manusia bisa mengimplementasikan yaitu melalui etika atau tingkah laku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ruh; Islam; Kristen; Kitab suci
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.22 Humankind
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:11
Last Modified: 03 Jul 2021 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics