Pengaruh meditasi dzikir terhadap self efficacy dalam mengerjakan soal matematika : studi eksperimen di SMA N 13 Semarang

Subkhan, Muhammad (2008) Pengaruh meditasi dzikir terhadap self efficacy dalam mengerjakan soal matematika : studi eksperimen di SMA N 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4103043]
Preview
Text (Skripsi 4103043)
4103043_MUHAMMAD_SUBKHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika oleh sebagian besar siswa masih dianggap sebagai momok, ilmu yang kering, penuh teoritis penuh dengan lambang-lambang, rumus-rumus yang sulit dan sangat membingungkan. Hal ini berakibat terhadap penurunan self efficacy (rasa mampu) sehingga menyebabkan prestasi dalam mata pelajaran tersebut menurun.
Meditasi zikir adalah gabungan antara meditasi dan zikir yang diawali dengan opening up mediation dengan tujuan membersihkan pikiran untuk menerima pengalaman baru kemudian dilanjutkan pengisian dengan meditasi konsentrasi terhadap lafadz atau kalimat Allah. Adapun tujuannya menjadikan sadar akan jati diri serta menciptakan kondisi pikiran yang seimbang sehingga menuntun berpikir lebih baik dengan sadar akan kemampuan diri sendiri (self efficacy) dengan harapan mampu berfungsi disegala hal.
Oleh karena itu, sebuah penelitian yang berjudul pengaruh meditasi dzikir terhadap self efficacy (rasa mampu) dalam mengerjakan soal matematika dikaji untuk menjawab persoalan yang peneliti ajukan dalam penelitian ini. Adapun pokok permasalahannya yaitu apakah meditasi dzikir mempengaruhi self efficacy dalam mengerjakan soal matematika. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh meditasi dzikir terhadap self efficacy dalam mengerjakan soal matematika.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya bersifat eksperimen kuantitatif yaitu data-datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka. Dalam menganalisa datanya memakai analisis regresi dan analisis perbedaan dengan rumus Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kruskal Wallis Test.
Adapun hasil analisis regresi menunjukkan sumbangan self efficacy terhadap prestasi matematika sebesar 64,3%. Kemudian menggunakan Kruskal-Wallis Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test adanya perbedaan self efficacy dan skor prestasi matematika setelah eksperimen. Kelompok eksperimen memiliki self efficacy lebih tinggi dari kelompok kontrol. Begitu pula dengan skor matematikanya, kelompok eksperimen lebih tinggi dari kontrol. Perlakuan meditasi dzikir hanya diberikan kepada kelompok eksperimen sedangkan kontrol tidak mendapat perlakuan apapun. Maka meditasi dzikir memiliki pengaruh terhadap self efficacy dalam mengerjakan soal matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self efficacy; Meditasi zikir; Tes matematika; Psikologi pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2020 01:50
Last Modified: 19 Jun 2021 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics