Studi analisis efektifitas pemberian zakat produktif sebagai modal usaha di Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang

Syarif, Muhamad Zudi (2008) Studi analisis efektifitas pemberian zakat produktif sebagai modal usaha di Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2101027_Muhamad_Zudi_Syarif]
Preview
Text (Skripsi_2101027_Muhamad_Zudi_Syarif)
2101027_Muhamad_Zudi_Syarif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya zakat hanyalah untuk delapan golongan yang terdapat dalam surat at – Taubah ayat 60 yaitu faqir, miskin, amil, muallaf, orang-orang yang berhutang, sabilillah, ibnu sabil, dan memerdekakan budak.
Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang berdiri di bawah naungan Departemen Agama Kabupaten Magelang. Oleh BAZDA pendistribusian zakat mempunyai dua sifat yaitu konsumtif dan produktif. Permasalahannya adalah ketika BAZDA mendistribusikan zakat sebagai modal usaha, padahal secara syar’i penyaluran zakat harus berupa pemindahan hak, dan penggunaan sepenuhnya adalah wewenang penerima (mustahik).
Pokok permasalahannya adalah :
1. Tinjauan hukum Islam terhadap pemberian zakat produktif sebagai modal usaha.
2. Bagaimana tingkat efektifitas pemberian zakat sebagai modal usaha.
Adapun hasil temuan di BAZDA Kabupaten Magelang untuk distribusi zakat konsumtif tidak mengalami kendala. Tetapi untuk zakat produktif sebagai modal usaha mengalami beberapa kendala.
Desain penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan atau field research yang bersifat non eksperimen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptifeksploratif yang dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan dan status fenomena dari obyek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ide dasar pendayagunaan zakat sebagai modal usaha adalah pemberdayaan mustahik dengan memberi “kail” bukan memberi “ikan”. BAZDA dalam memberikan zakat sebagai modal usaha ternyata belum tercapai tingkat efektifitas yang diharapkan. Penyebab belum tercapainya tingkat efektifitas dikarenakan beberapa factor : pertama yaitu karena kurangnya monitoring dan pembinaan dari BAZDA sendiri terhadap para mustahik. Kedua adanya penyalahgunaan dana zakat oleh para mustahik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat produktif; Modal usaha; Pengelolaan zakat; Badan amil zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:12
Last Modified: 03 Nov 2020 06:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11679

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics