Implementasi keputusan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI II tahun 2006 tentang keharaman SMS berhadiah : studi kasus di FeMale Radio 96,1 FM Semarang

Ghoniyatun, Siti (2008) Implementasi keputusan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI II tahun 2006 tentang keharaman SMS berhadiah : studi kasus di FeMale Radio 96,1 FM Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2101153_siti_Ghoniyatun]
Preview
Text (Skripsi_2101153_siti_Ghoniyatun)
2101153_SITI_GHONIYATUN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

MUI pada bulan Juli 2006 telah menetapkan keharaman SMS berhadiah yang merupakan segala bentuk kegiatan penghimpunan pengiriman SMS mengenai suatu masalah yang disertai pemberian hadiah, melalui undian ataupun melalui akumulasi jumlah (frekuensi) pengiriman SMS yang paling tinggi, sementara biaya pengiriman SMS di luar ketentuan normal dan sumber hadiah tersebut berasal dari akumulasi hasil perolehan SMS dari peserta atau sebagiannya berasal dari sponsor, ketentuan haram SMS berhadiah tersebut karena mengandung unsur maisi, tabzir, gharar, dhara, ighra’ dan israf.
Penelitian ini akan mengkaji tentang: 1) Bagaimana operasionalisasi kuis SMS berhadiah di FeMale Radio 96,1 FM Semarang, 2) Bagaimana implementasi keputusan ijtima’ ulama komisi Komisi Fatwa MUI II Tahun 2006 tentang Keharaman SMS Berhadiah di FeMale Radio 96,1 FM Semarang.
Metode penulisan skripsi ini merupakan penelitian lapangan yaitu penelitian pada obyek yang dituju secara langsung yang berkaitan dengan permasalahan penulis sekaligus tidak mengabaikan library research yang juga dijadikan acuan terhadap pemecahan masalah tersebut, pengumpulan data penulis diperoleh dengan cara observasi dan wawancara pada obyek dan metode dokumentasi sebagai pelengkap. Setelah data tersebut terkumpul lalu disusun, dijelaskan kemudian dianalisis sehingga mendapat hasil yang diharapkan, untuk kemudian diambil suatu kesimpulan sebagai hasil akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuis interaktif dengan memanfaatkan pesan pendek (SMS) di FeMale Radio 96,1 FM Semarang yang memiliki kecenderungan menyalahi syariat Islam seperti yang telah ditetapkan MUI di atas adalah kuis reguler sedangkan kuis melalui media SMS dengan sistem long number tidak termasuk yang bertentangan dengan tata MUI dikarenakan hadiah diperoleh sepenuhnya dari pihak sponsor bukan dari akumulasi perolehan SMS dari peserta kuis.
Keberadaan fatwa MUI tentang keharaman SMS berhadiah tidak memiliki dampak apapun di FeMale Radio 96,1 FM Semarang, terbukti masih tingginya animo masyarakat terhadap kuis reguler meski diberlakukan tarif pulsa premium.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: SMS berhadiah; Ijtima ulama; Fatwa; Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:38
Last Modified: 05 Nov 2020 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11687

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics