Akhsan, Nurul (2008) Studi analisis nasionalisme Islam menurut pemikiran Haji Agus Salim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2102144_Nurul_Akhsan]
Preview
Text (Skripsi_2102144_Nurul_Akhsan)
2102144_Nurul_Akhsan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa pra kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan, terjadi penindasan dan perampasan hak-hak mereka sebagai hak yang paling hakiki yang dimiliki oleh manusia, kelaparan dan bahkan pembunuhan terjadi dimana-mana. Belanda dengan sistem devide et impera, sangat merugikan bangsa Indonesia baik dalam bidang ekonomi, sosial dan politik dan yang paling utama adalah merampas hak kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
Berdasarkan latarbelakang tersebut diatas, maka permasalahan yang menjadi pembahasan dalam penulisan skripsi ini dalah:1) Bagaimana pemikiran Haji Agus Salim tentang nasionalisme, 2) Bagaimana latar belakang pemikiran Haji Agus Salim tentang nasionalisme.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan (library riseach), penulis dalam menganalisis menggunakan metode deskripsi atau menggambarkan, dan analisis isi ( content analysis).
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis maka nilai guna yang didapat adalah pertama, bahwa pemikiran Haji Agus Salim tentang nasionalisme berlandaskan pada kerangka ibadah kepada Allah SWT yang dilandasi dengan rasa tulus ikhlas semata-mata hanya untuk mencari ridho Allah SWT. Karena nasionalisme yang dicetuskan Haji Agus Salim berdasarkan ketauhidan bukan berdasarkan fanatisme terhadap cinta terhadap bangsa dan negara. Pemikiran nasionalisme Haji Agus Salim adalah nasionalisme yang mengandung perasaan kemanusiaan, persaudaraan dan kemuliyaan bangsa demi kemerdekaan dan mempunyai tempat bergerak di Negara jajahan Belanda. Tetapi nasionalisme Haji Agus Salim adalah berdasarkan kepada niat Lillahi Ta’ala, tidak mengangkat kebangsaan sebagai berhala tempat menyembah.
Kedua, Latar belekang pemikiran Haji Agus Salim dalam mencetuskan semangat atau ide mengenai nasionalisme tersebut sangat dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya dan pengembaraannya ke-Makkah serta keadaan bangsa yang pada saat itu sangat memprihatinkan, karena keadaan bangsa pada saat itu ditindas dan dikeruk kekayaannya tanpa memperhatikan keadaan perekonomian masyarakat pada saat itu. Kekayaan-kekayaan yang ada ditanah air yang seharusnya digunakan untuk kemakmuran bangsa tetapi malah diambil oleh negara lain dan juga tenaga warga negara diperas demi mencukupi kebutuhan bangsa lain. Sehingga Haji Agus Salim mencetuskan nasionalisme demi membebaskan bangsa dari ketertindasan dari bangsa lain yang didasarkan pada beribadah kepada Allah SWT yang semata-mata hanya mencari ridhonya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme; Islam; HAji Agus Salim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:52
Last Modified: 09 Nov 2020 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics