Analisis praktek zakat mal di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung

Khanifuddin, M. (2008) Analisis praktek zakat mal di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_2100238_M_KHANIFUDDIN]
Preview
Text (SKRIPSI_2100238_M_KHANIFUDDIN)
2100238_M_KHANIFUDDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat mal yang berarti bagian harta yang disisihkan oleh seorang muslim atau badan yang dimiliki oleh seorang muslim sesuai dengan ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya. Zakat bukanlah merupakan urusan pribadi yang berarti pelaksanaannya diserahkan kepada pribadi masing-masing. Memandang zakat sebagai urusan pribadi jelas bertentangan dengan fakta sejarah, yang menunjukkan bahwa pengelolaan zakat di negara-negara islam sejak zaman nabi, al-Khulafa’ al-Rasyidin, dan pemerintah islam sesudahnya semula ditangani oleh aparat pemerintah yang disebut amil zakat. Hal tersebut berbeda dengan yang di praktekkan di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung yaitu menyerahkan zakat kepada kyai dan dikelola oleh instansi swasta bukan merupakan pengelola zakat yang ditangani pemerintah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana penyerahan zakat mal di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung (2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktek penyerahan zakat mal di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang mengandalkan pengamatan dan pengumpulan data dilapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi, untuk memperoleh data tentang bagaimana praktek zakat mal di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dalam bentuk diskriptif analisis.
Demikianlah sekilas dari skripsi ini, dengan kemampuan dan keterbatasan penulis, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini hingga selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat mal; Pengelolaan zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:19
Last Modified: 16 Jul 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics