Studi analisis pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudz tentang peran Pesantren Maslakul Huda dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat

Nurfajar R. J., Ika (2008) Studi analisis pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudz tentang peran Pesantren Maslakul Huda dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103027_Ika_Nurfajar]
Preview
Text (Skripsi_2103027_Ika_Nurfajar)
2103027_IKA_NURFAJAR_RJ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam struktrur perekonomian negara kita, ekonomi kerakyatan memainkan peranan penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat. Pada titik inilah pesantren sebagai institusi pendidikan keagamaan dapat memainkan peran sebagai agen pengembangan swadaya masyarakat, terutama melalui nilai-nilai keagamaan seperti kemandirian, keadilan sosial, saling kerjasama dan sebagainya. KH. MA. Sahal Mahfudz sebagai pengasuh Pesantren Maslakul Huda menggagas pemikiran “Fiqh Sosial” yang merupakan terobosan terbaru dalam memahami fiqh. Fiqh yang selama ini masih berputar pada ritual individual diubah menjadi fiqh yang berorientasi pada pemaknaan atas realita sosial yang terjadi dalam masyarakat.
Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini ialah bagaimana pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudz tentang peran Pesantren Maslakul Huda dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan bagaimana signifikansi lembaga-lembaga milik Pesantren Maslakul Huda terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan model wawancara, dan penelaahan buku-buku serta dokumen yang terkait. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu buku yang berjudul “Nuansa Fiqh Sosial” karya KH. MA. Sahal Mahfudz dan sumber data sekunder berupa observasi di Pesantren Maslakul Huda, wawancara dengan orang-orang terdekat tokoh yang dikaji dan data untuk menguatkan ialah buku-buku, majalah, website, data dokumentasi dan data laporan tertulis lainnya yang berkaitan dengan penelitian yang dikaji. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penggunaan metode dokumentasi dan kepustakaan. Metode analisis data menggunakan metode analisis non-statistik (kualitatif).
Hasil penelitian: Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan Pesantren Maslakul Huda merupakan bentuk implementasi pemikiran Kyai Sahal tentang fiqh. KH. MA. Sahal Mahfudz berusaha menghadirkan misi syari’at Islam dalam ikut memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat dengan mengkontekstualisasikan ajaran yang terdapat dalam fiqh. Didirikannya Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (BPPM) merupakan lembaga yang terjun langsung mengurusi pemberdayaan masyarakat sebagai perwujudan pemikiran fiqh KH. MA. Sahal Mahfudz. Dengan adanya lembaga ini diharapkan pesantren dapat secara optimal mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berdaya tanpa melupakan aspek keakhiratan. Signifikansi lembaga yang didirikan oleh Pesantren Maslakul Huda tercermin dari dampak yang telah dirasakan oleh masyarakat. Dampak yang bersifat abstrak tercermin dalam motivasi dari masyarakat untuk berusaha keras mengubah nasib untuk lebih baik. Cara pandang yang berbeda dalam mengatasi permasalahan hidup terutama masalah kemiskinan. Sedangkan dampak yang bersifat konkret adalah dampak yang dapat dilihat secara kasatmata. Diantaranya dalam bidang kepemilikan harta, peningkatan pendapatan, peningkatan kualitas kesehatan lingkungan dan peningkatan kualitas ketrampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Pesantren; Sahal Mahfudz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:20
Last Modified: 10 Nov 2020 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11723

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics