Studi analisis pendapat Imam Syafi’i tentang penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat

Hanif, Hanif (2008) Studi analisis pendapat Imam Syafi’i tentang penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103052_Hanif]
Preview
Text (Skripsi_2103052_Hanif)
2103052_HANIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pendapat Imam Syafi’i tentang penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat; (2) Istinbat hukum Imam Syafi’i tentang penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian kepustakaan (library research). Data primer, yaitu (1) Al-Umm. (2) al-Risalah. Dan data sekunder, yaitu literatur lainya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun analisis data adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis di maksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainya. Dengan demikian cara kerja metode ini dengan menggambarkan dan menguraikan pendapat Imam Syafi’i tentang penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat.
Hasil dari pembahasan ini menunjukkan bahwa menurut Imam Syafi’i yaitu: Pendapat Imam Syafi’i tentang penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat berorientasi pada pendekatan bayani yang sesuai dengan kehendak teks Al-Quran ( QS, At-Taubah ayat: 60 ), sehingga ia mengatakan zakat wajib diberikan kepada delapan kelompok jika semua kelompok itu ada. Jika tidak, zakat itu hanya diberikan kepada kelompok yang ada saja. Sebagaimana ia memberikan contoh dalam kitab Al-Umm : “Harta delapan ribu Dirham,maka bagi masing-masing jenis seribu Dirham.
Istinbat hukum Imam Syafi’i yang mengatakan penyamarataan pembagian zakat kepada asnaf zakat adalah Al-Qur’an dan Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari al-Shada’i.
Yang disebabkan. dalam surat At-Taubah ayat 60. terdapat pemakaian huruf lam yang dipakai untuk menyatakan kepemilikan; kemudian masing-masing kelompok memiliki hak yang sama karena dihubungkan dengan huruf wawu (salah satu kata sandang yang berarti "dan") yang menunjukkan kesamaan tindakan. Oleh karena itu, semua bentuk zakat adalah milik semua kelompok itu, dengan hak yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembagian zakat; Pengelolaan zakat; Asnaf zakat; Mustahik; Imam Syafii
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:26
Last Modified: 10 Nov 2020 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11729

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics