Studi analisis pendapat Imam Syafi’i dalam qaul qodim tentang iddah wanita yang terlambat haid

Ulya, Khilmatul (2008) Studi analisis pendapat Imam Syafi’i dalam qaul qodim tentang iddah wanita yang terlambat haid. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103126_Khilmatul_Ulya]
Preview
Text (Skripsi_2103126_Khilmatul_Ulya)
2103126_KHILMATUL_ULYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Imam Syafi'i yang mempunyai julukan "bapak Ushul Fiqh" dalam pembaharuan hokum islam oleh Ulama, juga di anggap sebagai Madzhab berporos tengah antara madzhab Hanafi dan Maliki. Hal ini dibuktikan dengan adanya fathwa beliau dalam Qaul Qodim dan Qoul Jadid.
Sebagaimana dalam masalah iddah wanita yang terlambat haid, dalam hal ini Qaul Qodim Imam Syafi'i mengatakan bahwa wanita tersebut harus menunggu selama Sembilan bulan kemudian beriddah dengan tiga bulan, dengan tujuan mengetahui kekosongan rahim. Sedangkan dalam Qaul Jadid beliau menyatakan wanita tersebut haruslah menunggu sampai waktu menopouse. Dalam hal ini penulis lebih cenderung kepada Qaul Qodimnya, karena lebih memberi manfaat dan mengandung maslahat bagi wanita tersebut dibanding pendapat beliau dalam Qaul Jadidnya.
Imam Syafi'i dalam metode istinbathnya menggunakan dasar dari Qaul Sahabat Umar bin Khattab, karena tidak ditemukan nash atau dalil khusus yang membicarakan tentang masalah iddah wanita yang terlambat haid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masa iddah; Perempuan; Terlambat haid; Imam Syafii
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:07
Last Modified: 18 Nov 2020 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics