Studi analisis tentang sistem penentuan arah kiblat Masjid Besar Mataram Kotagede Yogyakarta

Widiantoro, Erfan (2008) Studi analisis tentang sistem penentuan arah kiblat Masjid Besar Mataram Kotagede Yogyakarta. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103147_Erfan_Widiantoro]
Preview
Text (Skripsi_2103147_Erfan_Widiantoro)
2103147_ERFAN_WIDIANTORO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masjid merupakan suatu tempat aktivitas ibadah umat Islam di dunia, salah satunya adalah ibadah shalat. Masjid Besar Mataram Kotagede merupakan masjid yang cukup tua di Yogyakarta juga merupakan saksi bisu perjalanan sejarah Kerajaan Mataram. Masjid Besar Mataram Kotagede ini juga memiliki nilai historitas yang tinggi. Selain sebagai pusat peribadatan pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram. Masjid ini juga sebagai tempat untuk melaksanakan peringatan hari-hari besar Islam dan sebagai pusat peribadatan Kotagede pada khususnya.
Ketika Masjid Besar Mataram Kotagede masih berada dibawah naungan Kraton, kemudian pada tahun 1960 terjadi konflik antara penguasa Keraton dengan tokoh Muhammadiyah dalam hal penentuan arah kiblat. Inilah yang menjadi tombak awal pelurusan arah kiblat Masjid Besar Mataran Kotagede dan di perkirakan arah kiblatnya bergeser atau melenceng. Untuk itu penulis sangat tertarik memilih Masjid Besar Mataram Kotagede sebagai obyek penelitian.
Dari latar belakang tersebut muncul beberapa permasalahan pokok yaitu bagaimana sistem penentuan arah kiblat Masjid Besar Mataram Kotagede dan bagaimana arah kiblat yang sekarang ini dan arah kiblat yang seharusnya bagi Masjid Besar Mataram Kotagede.
Penelitian ini bersifat lapangan (Field Research) dimana data primernya adalah hasil wawancara dengan takmir Masjid Besar Mataram Kotagede dan data sekundernya adalah dokumen berupa buku, tulisan, serta makalah-makalah yang berkaitan dengan obyek penelitian. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis komparatif, yakni mengkomparasikan metode penentuan arah kiblat Masjid Kotagede pada saat itu dengan metode-metode penentuan arah kiblat kontemporer.
Hasil penelitian ini adalah Penentuan sumbu bangunan Masjid Besar Mataram Kotagede menggunakan patokan poros timur barat. Sistem penentuan arah kiblat yang digunakan adalah secara tradisional dengan bantuan bayang-bayang matahari. Kemudian pada saat perbaikan menggunakan kompas dan busur. Sedangkan penulis menggunakan metode azimuth kiblat dan rashdul kiblat serta menggunakan theodolite dengan bantuan matahari yang memiliki tingkat keakurasian jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan menggunakan kompas yang memiliki tingkat akurasi rendah.
Sumbu bangunan Masjid Besar Mataram Kotagede berdasarkan hasil temuan dilapangan ternyata sumbu bangunannya mengarah pada 18º01'40.83" ke Utara. Berarti dapat dikatakan bahwa telah terjadi pergeseran sebesar 6º 41’ 7.97” ke arah Selatan. Hasil tersebut diperoleh dari selisih sumbu bangunan asli dengan kiblat seharusnya yaitu ( 24º 42’ 48.8” - 18 º 01' 40.83" = 6º 41’ 7.97”).
Kiblat perbaikan Masjid Besar Mataram Kotagede ketika penulis melakukan pengukuran diperoleh hasil kiblat perbaikan yaitu posisinya mengarah pada 26° 24' 56'' (dari titik Barat ke arah Utara). Perhitungan arah kiblat Masjid Besar Mataram Kotagede Seharusnya adalah 24º 42’ 48.8” (dari titik Barat ke Utara). Atau dengan kata lain telah terjadi pergeseran shaf sebesar 1° 42' 7.2" ke Utara dari arah kiblat yang seharusnya. Hasil tersebut diperoleh dari selisih kiblat perbaikan dengan kiblat seharusnya yaitu ( 26° 24' 56'' – 24º 42’ 48.8” = 1° 42' 7.2" ).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Masjid Besar Yogyakarta
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:22
Last Modified: 18 Nov 2020 07:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics