Studi analsis pengelolaan zakat fitrah di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan menurut hukum Islam

Syadzaly, Husna (2008) Studi analsis pengelolaan zakat fitrah di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan menurut hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103190_Husna_Syadzaly]
Preview
Text (Skripsi_2103190_Husna_Syadzaly)
2103190_HUSNA SYADZALY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah salah satu dari rukun Islam yang lima dan merupakan kewajiban setiap muslim. Dalam perkembangan zaman muncul beberapa permasalahan tentang zakat. Contoh kecilnya adalah seperti yang dibahas dalam skripsi ini. Penulis menjumpai permasalahan dan mencoba untuk membahas permasalahan tersebut.
Pengelolaan zakat fitrah di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu penerimaan, pendistribusian dan pemberdayaan. Pendistribusian dilakukan oleh muzakki. Muzakki di desa tersebut ada 2(dua) macam, yaitu muzakki yang umum dan muzakki yang pernah ngaji atau alumni dari majlis ta’lim para guru ngaji. Pertama, muzakki yang umum artinya masyarakat Desa Sugihmanik selain murid dari para guru ngaji memberikan zakat fitrah kepada amil yang di bentuk di mushola-mushola dan masjid. Kedua, muzakki yang pernah ngaji di tempat guru ngaji sebagian besar memberikan zakat fitrah kepada guru ngajinya secara langsung dan jumlah mereka mencapai 100 orang di setiap tempat guru ngaji yang mengakibatkan penumpukan di salah satu mustahiq. Padahal, semua guru ngaji di Desa Sugihmanik termasuk golongan yang mampu. Dari latar balakang tersebut penulis menyusun skripsi dengan judul “Studi Analisis Pengelolaan Zakat Fitrah Di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Menurut Hukum Islam?”.
Dalam menyusun skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode wawancara. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode sociology of law yaitu pemanfaatan hukum untuk lebih mengefektifkan bekerjanya seluruh struktur institusional hukum dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial. Data-data yang telah penulis peroleh, dianalisis dalam perspektif hukum Islam dengan pendekatan sosiologis. Hal ini dimaksudkan untuk menganalisis keadaan yang sebenarnya terjadi dilapangan dengan perspektif hukum Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan zakat fitrah di desa tersebut sesuai dengan hukum Islam kecuali pendistribusian muzakki yang memberikan zakat fitrah kepada guru ngajinya secara langsung walaupun hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Menurut hukum islam, kebiasaan atau adat istiadat (‘Arf) dapat menjadi hukum. Namun, praktik dan kebiasaan yang terjadi secara berulang-ulang dalam masyarakat untuk dijadikan sebagai kebiasaan yang mengikat ( baca sebagai hukum) harus melalui seleksi yang ketat, yang muaranya adalah terealisasinya kemashlahatan dalam masyarakat. Menurut hemat penulis, bahwa pendistribusian zakat di Desa Sugihmanik secara langsung yang diberikan oleh muzakki kepada guru ngaji adalah kurang tepat. Selain mengalami penumpukan di salah satu mustahiq(guru ngaji), hal tersebut juga bertentangan dengan firman Allah dalam surat al-A’raf ayat 31 yang mengajarkan manusia untuk tidak berlebih-lebihan dalam semua hal karena Allah tidak menyukai hal-hal yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Zakat fitrah; Hukum Islam; Grobogan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:22
Last Modified: 12 Jul 2021 13:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics