Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan asas itikad baik dalam akad jual beli ikan di TPI Tanggul Malang Kendal

Nikmah, Shohibatul (2008) Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan asas itikad baik dalam akad jual beli ikan di TPI Tanggul Malang Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103204_Shohibatul_Nikmah]
Preview
Text (Skripsi_2103204_Shohibatul_Nikmah)
2103204_SHOHIBATUL_NIKMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tempat pelelangan ikan adalah suatu tempat yang mempertemukan antara penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli dengan cara lelang dimana terdapat penawaran harga yang semakin meningkat dan dilakukan di depan khalayak umum. Asas itikad baik mutlak diperlukan dan harus dilaksanakan oleh pihak-pihak yang terkait, baik oleh penjual dan pembeli. Dalam itikad baik mengatur adanya jual beli dianggap sudah terjadi antara kedua belah pihak seketika setelah mereka mencapai kesepakatan tentang barang dan harga.
Di dalam memenuhi kehidupan hidup sekarang ini banyak hal yang baru didalam cara memperolehnya, dan tentunya untuk menjalankan itu semua tidak akan terlepas dari manusia lainnya, yakni dengan cara bermuamalah (jual beli). Dengan itu penulis kaji dan khususkan mengenai jual beli tersebut yaitu bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan asas itikad baik dalam akad jual beli ikan dengan menggunakan sistem-sistem yang diterapkan? Sah atau tidak? Dan halal atau haram praktek tersebut?
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yang dilaksanakan di TPI Tanggul Malang Kendal. Sumber data meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif yaitu data yang diperoleh baik dari lapangan maupun dalam kepustakaan. Diseleksi dan disusun secara sistematik kemudian disimpulkan untuk mendapatkan jawaban permasalahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad jual beli melalui sistem yang telah diterapkan dengan cara dilelang, sah akad jual belinya karena telah memenuhi rukun dan syaratnya, akan tetapi dengan harga yang lebih rendah telah bertentangan dengan hukum Islam karena lebih menitikberatkan kepada ketidakjelasan, keterpaksaan dan merugikan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Akad; Jual beli; Itikad baik; Tempat Pelelangan Ikan (TPI); Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:56
Last Modified: 12 Jul 2021 12:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics