Studi analisis terhadap pendapat Ali Yafie tentang asuransi

Fatmawati, Nur Anisah (2008) Studi analisis terhadap pendapat Ali Yafie tentang asuransi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103213_Nur_Anisah_Fatmawati]
Preview
Text (Skripsi_2103213_Nur_Anisah_Fatmawati)
2103213_NUR_ANISAH_FATMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menariknya persoalan asuransi adalah karena sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Salah satu tindakan yang diambil di masa modern untuk pengaturan ekonomi dan keuangan ialah asuransi. Saat ini asuransi telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan industri sebagaimana halnya dalam organisasi perdagangan, industri, dan pertanian skala besar. Asuransi, pada awalnya merupakan suatu kelompok yang bertujuan arisan untuk meringankan beban keuangan individu dan menghindari kesulitan pembiayaan. Yang menjadi perumusan masalah, bagaimana pendapat Ali Yafie tentang asuransi? Bagaimana metode istinbat hukum Ali Yafie tentang asuransi?
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Untuk mendapatkan data-data yang sebaik-baiknya, maka sebagai teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi atau studi dokumenter yaitu dengan menggunakan data primer yaitu data yang langsung yang segera diperoleh dari sumber data oleh penyelidik untuk tujuan yang khusus itu. Data yang dimaksud yaitu buku karya Ali Yafie yang berjudul: Menggagas Fiqih Sosial : Dari Soal Lingkungan Hidup, Asuransi Hingga Ukhuwah. Sedangkan data sekunder yaitu data yang telah lebih dahulu dikumpulkan oleh orang diluar diri penyelidik sendiri, walaupun yang dikumpulkan itu sesungguhnya adalah data yang asli. Data yang dimaksud yaitu sejumlah kepustakaan lainnya yang relevan dengan judul skripsi ini.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Oleh karena itu analisis ini hendak menggambarkan atau menguraikan pendapat Ali Yafie tentang asuransi. Hasil penelitian menunjukkan menurut Ali Yafie, dari tiga jenis asuransi, dua di antaranya yaitu asuransi perkumpulan (al-ta'min al-ta'awuni) dan asuransi wajib (al-ta'min al-'ilzami) dapat memperoleh tempat dalam lingkungan patokan-patokan muamalah yang ditetapkan oleh hukum syara'. Jenis asuransi lainnya, yaitu asuransi perusahaan (al- tamin al-tijari), tidak memberikan pemecahan atas pangkal ide asuransi yang baik, dan menurut hukum dan praktiknya ia kait-mengait dengan hal-hal yang dilarang oleh hukum agama di dalam muamalah. Ia pun tidak menjamin suatu mashlahah mu'tabarah (syar'an) dan tidak ada dharurah ataupun hajah melekat padanya karena ia bukan satu-satunya pilihan.
Dasar hukum yang digunakan Ali Yafie dalam hal membolehkan keberadaan asuransi perkumpulan dan asuransi wajib yaitu (a) Al-Qur'an surat al-Ma'idah ayat 2; (b) Hadis dari Muhammad bin Abdullah bin Numair dari bapaknya dari Zakaria dari Sya'biy dari Nu'man bin Basyir, hadis dari Imam Muslim; (c) Asas maslahah mursalah, yaitu maslahah yang mu'tabarah (dapat diterima). Maslahat yang mu'tabarah (dapat diterima) ialah maslahat-maslahat yang bersifat hakiki, yaitu meliputi lima jaminan dasar: keselamatan keyakinan agama, keselamatan jiwa, keselamatan akal, keselamatan keluarga dan keturunan, dan keselamatan harta benda. Asuransi masuk dalam keselamatan harta benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asuransi; Hukum ekonomi syariah; Ali Yafie
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:18
Last Modified: 19 Nov 2020 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11760

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics