Ketimpangan gender dalam seleksi calon mahasiswa di perguruan tinggi

Hadjar, Ibnu (2019) Ketimpangan gender dalam seleksi calon mahasiswa di perguruan tinggi. Pustaka Rizki Putra, Semarang. ISBN 978-602-6244-60-4

[thumbnail of IBNU_HADJAR-BUKU-KETIMPANGAN GENDER.pdf] Text
IBNU_HADJAR-BUKU-KETIMPANGAN GENDER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buku ini merupakan hasil penellitian yang penulis lakukan di UIN Walisongo Semarang. Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh adanya perubahan ketimpangan gender dalam populasi mahasiswa. Dalam kurun waktu dua puluh tahun terakhir, proporsi mahasiswa perempuan berubah dari minoritas menjadi mayoritas, bahkan hamper dua kali populasi laki-laki. Perubahan ini sekaligus juga menunjukkan keberhasilan peningkatan peran perempuan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pertanyaannya adalah: “Mengapa terjadi pergeseran proporsi gender?” Adakah factor yang mempengaruhi keberhasilan perempuan dalam proses seleksi calon mahasiswa baru? Untuk mengungkap peran factor-faktor tersebut, data yang melibatkan 13.051 peserta seleksi calon mahasiswa baru 2017 dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan inferensial logistic. Buku ini mengungkap bagaimana faktor gender dan kriteria penerimaan dalam seleksi mempengaruhi peluang sukses perempuan dalam berbagai jalur seleksi calon mahasiswa baru. Penyajian dalam buku ini dilengkapi dengan table dan grafik sehingga memudahkanpembaca untuk memahaminya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan gender; Seleksi; Mahasiswa baru; Perguruan tinggi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:12
Last Modified: 30 Nov 2020 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics