Ilmu fiqih pemasaran: sisi lain Nabi Muhammad SAW sebagai pemasar

Abdillah, Junaidi (2019) Ilmu fiqih pemasaran: sisi lain Nabi Muhammad SAW sebagai pemasar. eLSA Press, Semarang. ISBN 9786026418500

[thumbnail of Ilmu Fiqh Pemasaran Buku.pdf]
Preview
Text
Ilmu Fiqh Pemasaran Buku.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku berjudul: “Ilmu Fiqih Pemasaran: Sisi lain Nabi Muhammad SAW Sebagai Pemasar” ini ditulis bertujuan untuk mengetahui praktik kehidupan ekonomi pemasaran pada era kenabian dan abad ke-7 M secara makro. Selain itu, buku ini bertujuan untuk mengetahui teori dan praktik pemasaran yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Buku ini juga mempunyai signifikansi untuk memberikan gambaran sejarah tentang ekonomi pemasaran yang dilakukan Nabi Muhammad SAW yang selama ini kurang mendapat porsi kajian dari para peneliti sejarah. Menemukan model dan tipologi serta karakteristik praktik pemasaran Nabi SAW dengan harapan dapat dijadikan rujukan bagi para pebisnis dan pemasar modern. Rekaman sejarah pada Masa Nabi Muhammad (Islam klasik) diakui lebih banyak diwarnai oleh entitas politik. viii Ilmu Fiqih Pemasaran Sementara aspek ekonomi mikro khususnya pemasaran Nabi Muhammad SAW jarang sekali diteliti oleh para sejarawan. Padahal jika mau diteliti lebih jauh, keberhasilan Nabi Muhammad dalam berdakwah tidak lepas dari kesuksesan beliau dalam berdagang (berbisnis). Artinya bahwa antara ekonomi dan agama mempunyai hubungan yang sangat erat. Sebelum Nabi Muhammad SAW menyebarkan risalah Allah SWT yang terakhir (baca: Islam) beliau telah mapan dan kuat secara finansial. Walaupun pada awalnya Nabi Muhammad SAW muda tidak memiliki modal, dengan berbekal loyalitas, kejujuran dan integritasnya mampu menghantarkan beliau menjadi pemasar dan pengusaha sukses pada usia empat puluh tahun. Ini yang kemudian sangat mempengaruhi keberhasilan dakwahnya di Makkah dan Madinah. Setelah diangkat menjadi Rasul, beliau juga masih menjalankan profesi sebagai pedagang. Walaupun dalam praktiknya lebih banyak dituangkan dalam nasihat-nasihat dakwahnya (baca : al hadits).

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Nabi Muhammad; Pemasaran; Marketing; Ekonomi Islam; Muamalah; Jual Beli
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:25
Last Modified: 30 Nov 2020 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics