Analisis akad mudharabah dalam program pembiayaan produktif koperasi dan usaha mikro di BMT Fosilatama Banyumanik Semarang

Halimah, Nur (2008) Analisis akad mudharabah dalam program pembiayaan produktif koperasi dan usaha mikro di BMT Fosilatama Banyumanik Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2104101_Nur_Halimah]
Preview
Text (Skripsi_2104101_Nur_Halimah)
2104101_NUR_HALIMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Program Pembiayaan Produktif Koperasi dan Usaha Mikro (P3KUM) di Koperasi Jasa Keuangan Syari'ah Baitul Maal wat Tamwil Fosilatama Banyumanik ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan manajemen pengelolaan dana bergulir Program Pembiayaan Produktif Koperasi dan Usaha Mikro di BMT Fosilatama Banyumanik Semarang, (2) mendiskripsikan praktik akad mudharabah dalam pengelolaan Program Pembiayaan Produktif Koperasi dan Usaha Mikro.
Fokus penelitian ini adalah penelitian dari sisi syari'ah yang meliputi aspek akad mudharabah yang diterapkan dalam pelaksanaan Program Pembiayaan Produktif Koperasi dan Usaha Mikro di BMT Fosilatama Banyumanik Semarang.
Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian study kasus sebagai bentuk penelitian deskriptif yang menggunakan analisis kualitatif (Qualitative Research). Yaitu suatu penelitian yang dilakukan pada kondisi obyek yang alami, peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, jenis penelitian ini menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik dan akurat atau cara-cara lain dari kualifikasi (Qualitative Research).
Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi mudharabah dalam pelaksanaan Program Pembiayaan Produktif Koperasi dan Usaha Mikro di KJKS BMT Fosilatama Banyumanik Semarang termasuk mudharabah muqayyadah off balance sheet yakni aliran dana berasal dari satu nasabah investor kepada satu jenis pembiayaan dan Bank pelaksana hanya sebagai arranger saja, penyalur dana dari pemerintah kepada KJKS dan KJKS menyalurkan lagi kepada anggotanya/usaha mikro sebagai upaya pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi mikro, dan pada prinsipnya prektek mudharabah ini didasarkan pada kerjasama mu’awadlah yakni saling mempertukarkan modalnya masing-masing, baik harta dengan harta atau harta dengan tenaga dan terhindar riba dan hal-hal yang samar atau ghoror.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad mudharabah; Pembiayaan produktif; Koperasi; Usaha mikro; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:20
Last Modified: 01 Dec 2020 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics