Efektivitas pelaksanaan putusan nafkah lampau setelah putusan berkekuatan hukum tetap di Pengadilan Agama Batang

Effendi, Mukhammad Khaerul (2008) Efektivitas pelaksanaan putusan nafkah lampau setelah putusan berkekuatan hukum tetap di Pengadilan Agama Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2104144_M_Khaerul_Effendi]
Preview
Text (Skripsi_2104144_M_Khaerul_Effendi)
2104144_MUKHAMMAD_KHAERUL_EFFENDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya sorotan miring masyarakat terhadap dunia peradilan dimana peradilan dinilai telah gagal dalam menegakkan benteng keadilan yang sangat didambakan adanya oleh masyarakat khususnya dalam hal pelaksanaan putusan nafkah lampau pengadilan setelah berkekuatan hukum tetap.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaiman efektif atau tidak efektifnya pelaksanaan putusan nafkah lampau yang telah berkekuatan hukum tetap pada Pengadilan Agama Batang serta mengungkap dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi efektif dan tidak efektif pelaksanaan putusan tersebut.

Populasi dalam penelitian ini adalah berkas perkara yang berkaitan dengan pelaksanaan putusan nafkah lampau pada Pengadilan Agama Batang serta tokoh masyarakat yang kemudian diambil sampelnya, serta teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengkaji dan menelaah putusan nafkah lampau (berkas perkara) wawancara dan pengisian kuesioner oleh respoden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaani putusan nafkah lampau yang berkekuatan hukum tetap tidak efektif, hal ini dipengaruhi oleh faktor biaya, budaya hukum, pengetahuan hukum masyarakat, sarana prasarana pada Pengadilan Agama Batang Dan keadaan ekonomi para pencari keadilan.

Konstribusi dan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai referensi bagi penegak hukum (Hakim, Panitera, Jurusita) di Pengadilan Agama Batang serta pencari keadilan dalam melaksanakan eksekusi serta mengeliminir faktor-faktor yang mempengaruhi kurang efektifnya eksekusi pada Pengadilan Agama Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nafkah; Putusan pengadilan; Pengadilan agama; Batang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:17
Last Modified: 02 Dec 2020 01:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics