Studi analisis Hukum Islam terhadap praktek pembiayaan musyarakah di Kospin Jasa Syariah Pekalongan

Hida, Muhammad Niamil (2008) Studi analisis Hukum Islam terhadap praktek pembiayaan musyarakah di Kospin Jasa Syariah Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2101220_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2101220_Skripsi_Lengkap)
2101220_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Musyarakah merupakan salah satu konsep kerjasama dalam usaha perekonomian yang berdasarkan syari’ah yaitu menggunakan sistem bagi hasil dimana keuntungan dan kerugian di tanggung bersama-sama, yang bertujuan menjalankan usaha yang terhindar dari unsur-unsur ribawi. Konsep musyarakah ini sangat membantu para pengusaha terutama dari kalangan menengah ke bawah. Sepuluh tahun belakangan ini banyak bermunculannya Lembaga Keuangan Syariah yang dalam produk usahanya berupa musyarakah, pada kali ini penulis meneliti pembiayaan musyarakah yang dipraktekkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Pekalongan apakah sudah sesuai menurut pandangan hukum Islam?
Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber data penelitian ini adalah berasal dari data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari pihak pertama. Data ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan yang lainnya dari Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Pekalongan. Dengan kata lain data ini merupakan murni yang diperoleh dari hasil lapangan. sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh atau berasal dari bahan kepustakaan yang digunakan untuk melengkapi data primer. Untuk analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif.
Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dari berbagai lembaran atau brosur menunjukkan bahwa produk musyarakah yang dilaksanakan di Kospin Jasa Syariah Pekalongan belum sesuai dengan kosep hukum Islam, dimana masih ada unsur riba, yaitu penetapan nominal uang yang harus disetorkan di tentukan diawal padahal belum mengetahui apakah usaha yang dilakukan nasabah mendapat keuntungan atau rugi, serta masih adanya jaminan dalam akad musyarakah, selain itu apabila usaha yang dilakukan nasabah terjadi kerugian maka kerugian hanya ditanggung oleh nasabah saja
Musyarakah yang dilaksanakan di Kospin Jasa Syariah Pekalongan ialah musyarak inan, dimana terjadi penyatuan modal antara kospin jasa syariah dengan nasabah dengan jumlah modal yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah; Kospin Jasa Syariah; Pekalongan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 04 Dec 2020 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics