Dampak poligami di bawah tangan terhadap pemenuhan nafkah istri : studi kasus di Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak

Taufiq, Ahmad (2008) Dampak poligami di bawah tangan terhadap pemenuhan nafkah istri : studi kasus di Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_2102023_SKRIPSI_LENGKAP]
Preview
Text (NIM_2102023_SKRIPSI_LENGKAP)
2102023_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ahmad Taufiq (2102023) “Dampak Poligami di Bawah Tangan Terhadap Pemenuhan Nafkah Istri (Studi Kasus di Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak)” ini merupakan penelitian lapangan (field research). Permasalahan : a) Bagaimana praktek poligami di bawah tangan di Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak? b) Faktor-faktor apa yang menyebabkan masyarakat Desa Wonosekar Karangawen Demak melakukan praktek poligami di bawah tangan? c) Dampak apa yang diakibatkan dari praktek poligami di bawah tangan terhadap pemenuhan nafkah istri di Desa Wonosekar Karangawen Demak? Tujuan penelitian ini untuk: a) Untuk mengetahui bagaimana praktek poligami di bawah tangan di Desa Wonosekar Karangawen Demak, b) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan masyarakat Desa Wonosekar Karangawen Demak melakukan praktek poligami di bawah tangan, c) Untuk mengetahui dampak yang diakibatkan dari praktek poligami di bawah tangan terhadap pemenuhan nafkah istri di Desa Wonosekar Karangawen Demak.
Metode yang digunakan dengan metode wawancara, observasi, dan analisa data dengan menggunakan metode diskriptif analitik.
Hasil penelitian: a) Praktek poligami di bawah tangan yang dilakukan oleh masyarakat desa Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak dinamakan juga dengan praktek nikah wayuhan. Praktek poligami di bawah tangan ini dilakukan dihadapan seorang kyai dan dilakukan secara sembunyi-sembunyi tanpa dicatatkan pada KUA b) Faktor penyebab terjadinya poligami di bawah tangan oleh masyarakat desa Wonosekar Karangawen Demak dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu : Suami tidak puas hanya dengan seorang istri, Istri bekerja di luar Negeri sebagai TKI, Tidak mempunyai anak, Kemauan kedua belah pihak, Ketidakmampuan secara ekonomi, Tidak terpenuhinya alasan secara hukum sebagaimana persyaratan yang telah disebutkan dalam UU No.1/74. c) Dampak dari praktek poligami di bawah tangan yang dilakukan oleh masyarakat desa Wonosekar adalah tidak terpenuhinya nafkah istri-istri dan anak-anak, dan banyak mendatangkan madharat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Poligami; Nikah sirri; Nikah bawah tangan; Nafkah; Istri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 14 Jul 2021 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics