Afni, Kurniati (2008) Tinjauan hukum Islam terhadap pinjaman dana P2KP (Proyek Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan) Ds. Kutoharjo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2102047_SKRIPSI_LENGKAP]
Preview
Text (NIM_2102047_SKRIPSI_LENGKAP)
2102047_Skripsi Lengkap.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebahagiaan manusia telah menjadi tujuan utama. Namun ada perbedaan pandangan mengenai apa yang membentuk kebahagiaan itu dan bagaimana hal tersebut dapat direalisasikan. Meskipun kondisi materiil bukanlah satu-satunya isi dari kebahagiaan itu, pandangan sekuler modern yang sangat menekankan pada kondisi-kondisi demikian tampak percaya bahwa kebahagiaan dapat dijamin bila tujuan-tujuan materi tertentu dapat direalisasikan.
Kemiskinan di Indonesia masih merupakan masalah utama dalam pembangunan nasional. Bank dunia menyebutkan lebih dari 110 juta jiwa penduduk Indonesia tergolong miskin karena masih hidup dengan penghasilan kurang dari 2 dolar AS atau Rp. 18.310,- per hari. Keputusan pemerintah Indonesia untuk memasukkan program pengentasan kemiskinan kedalam rencana pembangunan jangka menengah merupakan langkah maju dalam upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. Hal ini sesuai dengan pasal 34 ayat 1 dan 2 Undang-undang Dasar 1945 amandemen.
Untuk mengatasi persoalan kemiskinan ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya antara lain dengan menggerakkan Program Penanggulangan Kemiskanan Perkotaan (P2KP). Kita memahami berbagai proyek atau program penanggulangan kemiskinan belum sepenuhnya mampu mengatasi persoalan kemiskinan secara menyeluruh di tingkat masyarakat sebagai kelompok sasaran. Hal ini terjadi antara lain karena aspek kelembangaan dalam program atau proyek yang dimaksud kurang mendapat perhatian yang mamadai. Karena itu, khusus untuk menangani persoalan kemiskinan di perkotaan, pemerintah telah merancang suatu proyek yang dapat diharapkan lebih terjamin keberlanjutannya yaitu P2KP.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di P2KP Ds. Kutoharjo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal berjumlah 2487 jiwa warga miskin yang memperoleh dana pinjaman P2KP. Dengan adanya pinjaman dana P2KP, warga miskin Ds. Kutoharjo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal berkurang sekitar 10 % dan menjadi masyarakat yang berdaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Pinjaman; P2KP; Kemiskinan; Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 20 Jan 2021 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics