Isro'ah, Siti (2007) Tinjauan hukum Islam terhadap perjanjian kerja antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja indonesia (PJTKI) di PT Amri Margatama Cabang Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2102058_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2102058_Skripsi_Lengkap)
2102058_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraannya manusia diwajibkan untuk bekerja, karena Islam memerintahkan pemeluknya untuk bekerja dan berusaha, menyebar di seluruh penjuru bumi guna mencari anugerah Allah, karena Allah telah menyediakan segala fasilitas di muka bumi ini diperuntukkan hanya untuk manusia, dalam Islam pekerjaan merupakan perimbangan hidup. Maka dalam perspektif Islam, tidak ada nilai bagi hidup seseorang tanpa pekerjaan, karena bekerja adalah ibadah dan salah satu kewajiban.
Maka dari itu perjanjian kerja merupakan sarana pendahulu sebelum berlangsungnya hubungan kerja, mutlak diwujudkan dengan sebaik-baiknya dalam arti mencerminkan keadilan baik bagi pengusaha maupun pekerja, karena keduanya akan terlibat dalam hubungan kerja. Dan dengan adanya perjanjian kerja diharapkan dapat membantu para tenaga kerja khususnya wanita yang mana bila sewaktu-waktu dihentikan dari kerjanya, maka mereka dapat mempertanggungjawabkannya karena ada perjanjian kerja.
Dari latar belakang tersebut timbul permasalahan bagaimana akad perjanjian kerja yang ada antara antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan dan bagaiman Tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanan perjanjian kerja antara antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan.
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mendiskripsikan pandangan secara jelas tentang perjanjian kerja antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan. 2) untuk mengetahui bagaimana Hukum Islam memandang pelaksanaan perjanjian kerja antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan. Jenis penelitian ini adalah field research. Sedangkan analisis datanya dengan teknik deskriptif anlisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan pandangan bahwa akad perjanjian kerja yang ada antara antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan dilihat dari segi Islam menggunakan akad Ijaratul ajir yaitu bekerja dalam rangka memberikan jasa (berupa tenaga maupun keahlian) kepada pihak tertentu dengan imbalan sejumlah upah tertentu. Dalam praktek perjanjian kerja antara antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan ada 2 yaitu : 1) buruh (pekerja) wajib melakukan pekerjaan yang sudah dijanjikan dalam perjanjian kerja, dan ruang lingkup dapar diketahui dalam perjanjian kerja atau menurut kebiasaan, sehingga pengusaha tidak memperluas ruang lingkup pekerjaan. 2) tenaga kerja wanita (TKW) berhak menerima upah bahwa upah kerja yang diberikan oleh pemberi kerja minimal harus dapat memenuhi kebutuhan pokok pekerja dan keluarganya sesuai dengan kondisi setempat. Serta tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan perjanjian kerja antara antara calon tenaga kerja wanita (TKW) dengan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) di PT AMRI MARGATAMA Cabang Grobogan, sudah sesuai dengan hukum Islam tentunya berdasarkan ketentuan syarat dan rukun yang telah ditetapkan oleh fiqh dan adanya ketentuan pembolehan dalam fiqh itu terkait ada satu landasan yang tercantum dalam dua sumber utama hukum Islam, yakni Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Perjanjian kerja; TKW; PJTJI; PT Amri Margatama; Grobogan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 04 Dec 2020 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics