Mekanisme akad wadi’ah pada simpanan arisan berhadiah (SIMPADA) di BMT Hudatama Semarang

Fridayanti, Fajri Nur (2008) Mekanisme akad wadi’ah pada simpanan arisan berhadiah (SIMPADA) di BMT Hudatama Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_23-5-1-_Fajri_Nur_Fridayanti]
Preview
Text (TA_D3_23-5-1-_Fajri_Nur_Fridayanti)
2305010_FAJRI_NUR_FRIDAYANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Simpanan Arisan Berhadiah (SIMPADA). SIMPADA merupakan penggabungan sistem simpanan dengan arisan yang didasarkan pada akad wadi’ah yad dlomanah. Dalam satu periode, SIMPADA memiliki jangka waktu 25 bulan. Setoran nasabah untuk setiap bulannya sebesar Rp. 20.000,-. Selama satu periode, nasabah SIMPADA tidak dapat mengambil simpanannya. Simpanan tersebut hanya dapat diambil pada akhir periode secara utuh.
Penarikan arisan dilaksanakan setiap bulan pada tanggal 25. BMT Hudatama menyediakan hadiah utama uang tunai sebesar Rp. 500.000,- dan beberapa hadiah hiburan lainnya. Bagi nasabah yang nomor rekeningnya keluar pada saat penarikan maka berhak atas hadiah-hadiah tersebut.
Yang membedakan konsep SIMPADA dengan arisan konvensional lainnya adalah terletak pada hadiah yang disediakan. Bagi nasabah mendapatkan hadiah utama, maka nasabah tersebut dibebasakan dari kewajiban setor pada bulan-bulan berikutnya. Kelebihan uang yang diterima merupakan hadiah dari BMT Hudatama Semarang.
Untuk mengembalikan simpanan tersebut, dan untuk memenuhi hadiah, BMT Hudatama harus menggunakan dana tersebut secara produktif . Oleh karenanya sebelum membuka produk ini, BMT Hudatama terlebih dahulu memperhitungkan laba rugi yang akan didapatkan untuk memenuhi kebutuhan.
Rumusan masalah yang akan dipaparkan adalah pertama, bagaimana mekanisme akad wadi’ah pada produk SIMPADA, dalam masalah ini dijelaskan mekanisme SIMPADA dalam etika bisnis dan konsep wadi’ah dalam penerapannya. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam tentang mekanisme akad wadi’ah pada SIMPADA, berisi tentang konsep wadi’ah ditinjau dari hukum Islam, serta pembahasan mengenai undian berhadiah pada SIMPADA.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dimana data yang terkumpul adalah berupa dokumen-dokumen. Teknik yang diterapkan dalam penelitian adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme akad wadi’ah pada konsep produk Simpanan Arisan Berhadiah (SIMPADA) di BMT Hudatama Semarang telah sesuai dengan syari’at Islam, karena adanya kemaslahatan antara BMT Hudatama dan nasabah SIMPADA. Penetapan akad wadi’ah yad dhamanah inipun tepat untuk operasionalisasi produk SIMPADA. Selain itu dari penulisan Tugas Akhir ini dapat diketahui bahwa konsep undian berhadiah yang terdapat dalam produk SIMPADA ini berbeda dengan judi atau maisir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad wadi’ah; Simpanan; Arisan berhadiah; BMT; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:49
Last Modified: 04 Dec 2020 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics