Aplikasi akad wadi’ah (titipan) pada produk giro wadi’ah di BNI Syari’ah Cabang Semarang

Megarany, Angga Wahyu Ika (2008) Aplikasi akad wadi’ah (titipan) pada produk giro wadi’ah di BNI Syari’ah Cabang Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_2305021_Angga_W_I_Megarany]
Preview
Text (TA_D3_2305021_Angga_W_I_Megarany)
2305021_ANGGA_WAHYU_IKA_MEGARANY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Giro wadi’ah merupakan simpanan berdasarkan prinsip wadi’ah yad dhomanah yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindah bukuan. Setoran pertama dalam pembukaan rekening sebesar Rp 1.000.000,00 untuk nasabah perusahaan dan Rp 500.000,00 untuk nasabah perorangan.
Penyetoran dan penarikan pada produk giro wadi’ah di BNI Syari’ah dapat dilakukan dengan cara tunai, pemindah bukuan, kliring, setoran dengan menggunakan amplop setoran kilat, dan juga bisa dilakukan melalui setoran tunai di mesin CDM (Cash Deposits Machine) bagi nasabah yang memiliki BNI Syari’ah Card. Penutupan rekening dapat dilakukan atas permintaan nasabah atau atas prakarsa bank
Pemberian bonus pada rekening giro besarnya tidak diperjanjikan dimuka. Pemberian bonus tergantung kebijakan dari pihak bank, dan nasabah tidak boleh menuntut hal itu. Bonus giro dihitung atas dasar saldo rata-rata harian dalam satu bulan kalender, perhitungannya dilakukan secara otomatis oleh sistem.
Rumusan masalah yang akan dibahas adalah pertama, apakah yang dimaksud dengan giro wadi’ah, dalam masalah ini akan dibahas tentang pengertian giro wadi’ah. Kedua, bagaimanakah prosedur dan transaksi – transaksi yang terjadi pada rekening giro wadi’ah, berisi tentang bagaimana proses pembukaan, penyetoran, penarikan, dan penutupan. Ketiga, Bagaimanakah perhitungan bonus pada rekening giro wadi’ah di BNI Syari’ah, dalam hal ini dibahas tentang rumus perhitungan bonus pada giro wadi’ah di BNI Syari’ah Cabang Semarang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dimana data-data yang diperoleh berupa dokumen-dokumen. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan observasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mekanisme akad wadi’ah pada konsep produk Giro Wadi’ah di BNI Syari’ah Cabang Semarang telah sesuai dengan syari’ah Islam, karena adanya kemaslahatan antara BNI Syari’ah dan nasabah Giro Wadi’ah. Penetapan akad wadi’ah yad dhomanah pada operasionalisasi produk giro wadi’ah ini sudah tepat. Selain itu, dari penulisan Tugas Akhir ini dapat diketahui bahwa pemberian bonus pada produk giro wadi’ah ini berbeda dengan bunga pada bank konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad wadi’ah; Giro wadi’ah; Bank Syariah; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:20
Last Modified: 04 Dec 2020 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics