Prosedur pelaksanaan tabungan Tamara pada koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) BMT “Ben Taqwa” Cabang Gubug

Malikhah, Aminatul (2008) Prosedur pelaksanaan tabungan Tamara pada koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) BMT “Ben Taqwa” Cabang Gubug. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_052503023_Aminatul_Malikhah]
Preview
Text (TA_D3_052503023_Aminatul_Malikhah)
052503023_AMINATUL_MALIKHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (837kB) | Preview

Abstract

KJKS BMT Ben Taqwa menyediakan produk-produk diantaranya adalah simpanan TAMARA (Tabungan Masyarakat Sejahtera), TASKA (Tabungan Sukarela Berjangka), TASAQUR (Tabungan Sukarela Qurban), dan Tabungan Amanah. Sedangkan produk pembiayaan modal kerja atau investasi adalah (Akad Ba'i, Ijarah, dan Syirkah).
Dari pengangkatan judul Prosedur Pelaksanaan Tabungan TAMARA pada Koperasi Jasa Keuangan Syari'ah (KJKS) BMT Ben Taqwa cabang Gubug maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
(1) Apa yang dimaksud dengan Tabungan TAMARA pada KJKS BMT Ben Taqwa (2) Bagaimana pelaksanaan Tabungan TAMARA pada KJKS BMT Ben Taqwa (3) Bagaimana spesifikasi tabungan TAMARA pada KJKS BMT Ben Taqwa.
Dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terkait penulis menggunakan tiga metode yaitu observasi, interview atau wawancara, dan metode analisis data yang menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembukaan dan penyetoran pada tabungan TAMARA dapat dilakukan dengan cara jemput bola, dimana nasabah tidak perlu datang ke kantor BMT, melainkan pihak BMT yang mendatangi para nasabah yang akan bertransaksi.
Pada saldo harian perhitungan bagi hasil menggunakan saldo rata-rata harian, nilai nominal dana nasabah telah merefleksikan saldo yang mengendap di BMT yang dapat digunakan oleh BMT untuk melakukan investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan; Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS); Baitul Mal wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:28
Last Modified: 04 Dec 2020 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11867

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics