Tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan zakat hasil ikan laut di Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal

Hidayati, Nelly (2007) Tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan zakat hasil ikan laut di Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2102008_Nelly Hidayati.pdf]
Preview
Text
2102008_Nelly Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan field research yaitu penelitian yang mengandalkan pengamatan dan pengumpulan data di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode interview (wawancara) untuk memperoleh data tentang berapa besar penghasilan yang diperoleh nelayan juragan, dan besar zakat yang dikeluarkan. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yang biasanya mengambil bentuk deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas nelayan yang ada di kelurahan Tegalsari, belum melaksanakan kewajiban zakat mal, yaitu zakat hasil ikan laut. Ada tiga orang yang berhasil penulis wawancarai yang sudah mempunyai kesadaran untuk mengeluarkan zakat dari hasil yang diperolehnya menangkap ikan di laut. Yaitu Bapak H. Solihin, Bapak H. Sumarso, dan Bapak Ramang. Akan tetapi ketiga orang tersebut dalam mengeluarkan zakatnya berbeda baik dalam hal besarnya maupun waktunya. Untuk Bapak H. Solihin dan Bapak Ramang, mereka mengeluarkan zakatnya setelah berlalu sampai satu tahun, berarti disamakan dengan zakat perdagangan. Lain halnya dengan Bapak H. Sumarso, dia langsung mengeluarkan zakatnya dalam sekali panen atau berlayar jika sudah mencapai nisab seperti halnya pada zakat pertanian (tanaman dan buah-buahan).
Berdasarkan hasil penelitian ini maka zakat hasil ikan laut bisa disamakan dengan zakat pertanian (tanaman dan buah-buahan) dan zakat perdagangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Zakat Mal; Zakat Hasil Laut; Fikih; Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 07 Dec 2020 05:10
Last Modified: 07 Dec 2020 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics