Persepsi masyarakat Islam terhadap agama Kristen

Hidayati, Ely Wahyu (2007) Persepsi masyarakat Islam terhadap agama Kristen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 4100006_ELY WAKHYU HIDAYATI.pdf]
Preview
Text
4100006_ELY WAKHYU HIDAYATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (297kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Islam dan Kristen sudah sejak lama hidup berdampingan di Indonesia, Katolik, Hindu, Budha, atau Konghuchu. Namun entah kenapa, akhir-akhir ini sering terjadi konflik. Stereotip, baik tentang orang Indonesia maupun masyarakat dunia adalah bahwa orang Islam dan Kristen tidak mungkin hidup berdampingan disatu daerah bersama tanpa konflik. Islam dianggap musuh Kristen dan sebaliknya. Karena konflik yang sudah terjadi dan karena Indonesia memang negara yang masyarakatnya majemuk, stereotip ini lebih terlihat di Indonesia.
Kalau kita mau memperbaiki hubungan antara orang Islam dan Kristen kita harus memperdalam pengetahuan kita. Kita harus menghindari stereotip-stereotip dan harus lebih banyak. Belajar tentang agama lain, sehingga kita mengerti bagaimana kehidupan mereka dan bagaimana kita bisa saling menghormati orang lain supaya kita bisa hidup berdampingan bersama dan tenteram.
Karena itulah penulis disini ingin mengetahui bagaimana hubungan antara masyarakat Islam dan Kristen di desa Punggelan, apakah berlangsung damai dan tenteram ataukah ada konflik didalamnya. Selain bertujuan untuk mengetahui kehidupan beragama masyarakat desa Punggelan, namun juga untuk mengetahui persepsi orang Islam di desa Punggelan terhadap orang Kristen dan untuk mengetahui dampak dari persepsi itu terhadap kehidupan beragama.
Dalam mengawali penelitian ini penulis pertama harus menemui pejabat pemerintah yang terkait di kabupaten, kemudian baru menemui pejabat pemeritah di desa, terutama kepala desanya. Setelah itu penulis menemui obyek dari penelitian ini yaitu warga masyarakat muslim yang bertetangga dan tidak bertetangga dengan orang Kristen, serta memastikan mereka mau membantu dan bekerjasama dengan penulis.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode filed research atau penelitian lapangan dimana sumber datanya berasal dari sampel dan respanden beberapa warga masyarakat yang baik yang bertetangga dan tidak bertetangga dengan orang Kristen. Sementara untuk metode pengumpulan data penulis menggunakan observasi langsung ke lokasi penelitian dan melakukan interview atau wawancara langsung kepada obyek yang menjadi tujuan penelitiannya itu masyarakat Islam yang bertetangga dan tidak bertetangga dengan orang Kristen. Dalam menganalisis penulis menggunakan metode analisis kualitatif, yaitu data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data yang lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran atau sebaliknya.
Jadi dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa tidak semua benar, bila masyarakat / orang Islam dan Kristen tidak dapat hidup bersama tanpa ada konflik, karena di desa Punggelan orang Islam dan Kristen bisa hidup berdampingan dengan damai, rukun dan saling toleransi. Orang Islam tidak menganggap orang Kristen sebagai musuh begitu pula sebaliknya, permasalahan yang terjadi di luar daerah mereka seperti konflik antar agama tidak mempengaruhi hubungan harmonis diantara mereka.
Kalau kita mau memperbaiki hubungan antara orang Kristen dan Islam kita harus memperdalam pengetahuan kita. Kita harus menghindari sterotip-sterotip harus lebih banyak belajar tentang agama lain sehingga kita mengerti bagaimana kehidupan mereka dan bagiamana kita bisa saling menghormati orang lain supaya kita bisa hidup berdampingan bersama dengan damai dan tenteram.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agama; Islam; Kristen; Masyarakat Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 230 Christianity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 08 Dec 2020 10:40
Last Modified: 27 Jul 2021 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics