Penafsiran M. Quraish Shihab Terhadap Ayat-Ayat Tentang Penciptaan Alam Semesta

Fariyah, Syaean (2008) Penafsiran M. Quraish Shihab Terhadap Ayat-Ayat Tentang Penciptaan Alam Semesta. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4103026_Skripsi Lengkap]
Preview
Text (NIM_4103026_Skripsi Lengkap)
4103026_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat tentang penciptaan alam semesta dalam tafsir al-misbah? (2) Bagaimana relevansi penafsirannya dengan teori-teori ilmu pengetahuan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Memahami penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat penciptaan alam semesta dalam tafsir al-misbah. (2) Agar dapat mengetahui dan memahami penafsiran M. Quraish Shihab serta penjelasannya terhadap ilmu pengetahuan.
Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (Library Research), sehingga data yang diperoleh adalah berasal dari kajian teks atau buku-buku yang relevan dengan pokok masalah di atas. Metode-metode yang gunakan adalah: Metode deskriptif-analitik. Dengan cara deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan pandangan atau penafsiran M. Quraish Shihab tentang penafsiran ayat-ayat penciptaan alam semesta, penelitian ini juga menggunakan metode analisis isi (Content Analysis) dan metode mudhu’iy. Dalam analisis ini, penulis menggunakan pendekatan interpretasi. Ini artinya penyusun menyelami pemikiran M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah mengenai penafsiran ayat-ayat tentang penciptaan alam semesta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran yang dilakukan oleh M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat tentang penciptaan alam semesta diterangkan cukup panjang dengan menyajikan data mengenai terbentuknya alam raya beserta isinya dengan mengemukakan kehebatan ilmu yang terkandung di dalamnya, langit (ruang alam) dan bumi (ruang materi) sebelum dipisahkan oleh Allah merupakan sesuatu yang padu. Hal ini berisi bahwa sebelum sistem tata surya terbentuk, alam semesta merupakan satu kumpulan, seperti yang telah disebutkan dalam al-Qur’an surat al-Anbiya’ ayat 30.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi informasi, pengetahuan, masukan serta sumbangsih pemikiran bagi mahasiswa, serta semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafsir; Semesta; Penciptaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 08 Dec 2020 07:11
Last Modified: 08 Dec 2020 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics