Manifestasi tauhid Dalam Seni Ukir Kaligrafi : Studi Kasus Ukiran Kaligrafi di Kabupaten Jepara

Hakim, Nur (2007) Manifestasi tauhid Dalam Seni Ukir Kaligrafi : Studi Kasus Ukiran Kaligrafi di Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4100098_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_4100098_Skripsi_Lengkap)
4100098_NUR HAKIM-LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (430kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Esensi spiritualitas islam, seperti yang terungkap dalam Al-Qur’an, adalah realisasi prinsip Tauhid(keesaan), yakni mengenal Allah Yang Satu. Akan tetapi, Allahlah Yang Satu ini menciptakan umat manusia dalam berbagai kecenderungan yang majemuk sehingga pengenalan Allah itu menubuh dalam berbagai ekspresi.
Oleh sebab itu, Seni sebagai wujud spiritualitas Islam, memanifestasikan diri dalam beragam bentuk kesenian dan pemikiran serta kehidupan sosial, ekonomi dan politik kaum Muslim.
Segala aspek Islam didasari oleh tauhid, prinsip keesaan. Namun, apa yang secara khusus penulis memanifestasikan tauhid dalam seni ukir kaligrafi Jepara adalah pengalaman dan pengetahuan akan keesaan Allah ini dan realisasinya dalam kehidupan. Puncak dari manifestasi ini adalah menjalani hidup dan melakukan perbuatan yang senantiasa sejalan dengan kehendak Ilahi sampai mengenal-Nya melalui pengalaman seni.
Kabupaten Jepara terkenal dengan ukiran kayunya, salah satu ukirannya adalah ukiran kaligrafi, maka dari hal tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana potret ukiran kaligrafi di kabupaten Jepara dan manifestasi seni ukir kaligrafinya. Di Jepara para seniman kaligrafi mempunyai berbagai tujuan dalam pembuatannya. Ada yang untuk keagamaan, seni dan bisnis semata.
Ukiran kaligrafi Jepara mempunyai pesan-pesan tersendiri. Pesan Keimanan, ini akan mendorong manusia untuk melakukan hal yang paling ampuh dalam pribadinya, mewujudkan sesuatu atau kegiatan kebajikan dan amal shaleh. Pesan selanjutnya adalah Ketaatan, hal ini ukiran kaligrafi jepara mengajak manusia untuk kembali kepada Al-Qur’an melalui seni ukir kaligrafi. Setiap karya ukiran kaligrafi tersebut sebagai pengingat umat Islam kepada pencipta yaitu Allah SWT.
Salah satu implementasi tauhid dalam seni ukir kaligrafi adalah keindahan, dengan hal ini adalah jalan yang mudah untuk menuju kepada sang Ilahi. Karena setiap keindahan akan mengantarkan kita kepada Tuhan. Artinya manusia harus mencari sumber keindahan itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tauhid; Seni ukir; Kaligrafi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.01 Philosophy and Theory of Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 08 Dec 2020 22:25
Last Modified: 12 Jun 2021 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics