Analisis hukum Islam terhadap penambangan batu di sungai kedung jangan Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang

Arifin, Zaenul (2007) Analisis hukum Islam terhadap penambangan batu di sungai kedung jangan Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2100144]
Preview
Text (NIM_2100144)
NIM_2100144_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (970kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif masyarakat dan perspektif hukum Islam terhadap penambangan batu yang terjadi di sungai Kedung Jangan Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan field research dengan metode penelitian efaluatif dan metode pendekatan dalam proses analaisisnya adalah yuridis normative. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Bab penguasaan terhadap lahan penambangan dalam Islam termasuk kedalam hukum ihraz al-mubahad (penguasaan harta bebas). Di dalam bab ihraz al-mubahad tidak disebutkan secara terperinci tentang hal-hal yang berhubungan dengan penguasaan seseorang terhadap lahan penambangan. hal ini sangat berbeda dengan peraturan-peraturan pemerintah yang secara tegas dan jelas menyebutkan secara terperinci mengenai hal-hal yang berhubungan dalam penambangan.
Penambangan batu yang terjadi di sungai Kedung Jangan desa Purwosari ini tidak ada ijin nya, dan penambangan tersebut menyebabkan terjadinya kerusakan alam yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam yang dapat mengancam keselamatan jiwa kita.
Setelah dikorelasikan dengan hukum Islam dapat di ambil kesimpulan bahwa penambangan yang terjadi di sungai Kedung Jangan desa Purwosari kecamatan Mijen kota Semarang adalah haram hukumnya, karena menurut hukum Islam setiap kegiatan yang menyebabkan kerusakan alam, mendatangkan bahaya yang dapat mengancam jiwa kita, dan melanggar peraturan yang dibuat oleh ulil amri itu dilarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: hukum islam;penambangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 09 Dec 2020 03:03
Last Modified: 03 Jul 2021 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics