Istimaroh, Istimaroh (2006) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan asuransi pengangkutan uang (cash in transit insurance): studi kasus di PT. Asuransi takaful umum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2102022_Istimaroh.pdf]
Preview
Text
2102022_Istimaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (684kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Salah satu jenis asuransi yang sedang dimasyarakatkan adalah asuransi pengangkutan uang (cash in transit insurance). Asuransi ini menjamin kerugi-kerugian yang terhadap pengiriman uang dalam pembungkus atau lemari besi dari satu tempat ke tempat tujuan lain, baik melalui laut, udara atau darat, karena diakibatkan dari alat pengangkutan mengalami accident atau kecelakaan selama dalam perjalanan, sehingga mengakibatkan uang menjadi rusak dan berhamburan serta di curi, serta akibat dari penodongan, perampokan, pencurian dengan didahului oleh kekerasan, dikecualikan dilakukan pegawainya sendiri.
Obyek yang dapat diasuransikan terdiri dari uang, wesel, dan surat-surat,berharga lainnya, sementara itu yang dapat menjadi tertanggung adalah badan usaha atau perorangan. Jumlah limit limit pertanggungan untuk setiap pengiriman atau peneriman dengan suatu alat pengangkut setinggi-tingginya Rp. 50.000.000,00.
Tertanggung wajib memberitahukan pengiriman-pengiriman yang melebihi jumlah yang tecantum kepada penanggung sebelum pemberangkatan. Atas pengiriman-pengiriman yang melebihi jumlah yang tercantum, maka penanggung hanya bertanggung jawab sesuai dengan jumlah pengiriman apabila penanggung telah memberikan persetujuan atas pengiriman tersebut. Apabila pemberitahuan tidak atau terlambat dilakukan, maka tanggung jawab penanggung maksimum hanya sebesar tersebut di atas. Dalam hal ini yang menjadi peserta asuransi pengangkutan uang (cash in transit insurance) di PT. Asuransi Takaful Umum Semarang adalah Bank-bank dan BPR atau lembaga keuangan lainnya yang ada di Semarang dan luar Semarang di antaranya Bank Muamalat Indonesia (BMI) Semarang, BMI Tegal, BMI Pekalongan, dll. Tujuan pengiriman dari bank ke bank, atau dari bank ke kantor kas lemabga pendidikan (Unisula, Universitas Wahid Hasyim, Akpelni, dll.). Jangka waktu perjanjian adalah satu tahun dan diperpanjang secara otomatis. Perjanjian kontrak tersebut dapat batal, jika ada pemberitahuan pembatalan yang dilakukan oleh salah satu pihak (tertanggung atau penanggung). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu di PT. Asuransi Takaful Umum Semarang dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asuransi pengangkutan uang tidak bertentangan dengan hukum Islam dan di bolehkan, karena dalam pelaksanaannya di pandang bersih dari unsur maysir, gharar dan riba. Dalam pelaksanaan asuransi pengangkutan uang tersebut jumlah premi, jangka waktu, akad, porsi nisbah dalam bagi hasil, sera sumber klaim semua jelas. Selain itu, uang dari premi pesera yang terkumpul, diinvestasikan kembali dengan menggunakan prinsip mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asuransi; Takaful; Ekonomi islam; Bank Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 09 Dec 2020 03:53
Last Modified: 09 Dec 2020 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics